Monitoring Distribusi Pada Sensor Flowmeter di Perumdam Tirta Madani Kota Serang

Ryan Adam Hidayatullah, Bagus Dwi Cahyono

Abstract


Air merupakan salah satu kebutuhan yang vital bagi manusia. Perumdam Tirta Madani Kota Serang sebagai perusahaan pengolahan air bersih mempunyai tanggung jawab untuk memproduksi dan mendistribusikan air di Kota Serang. Metode pengumpuan data pada penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi literatur. Dari data hasil monitoring didapat jumlah volume air distribusi 1732 m3, rata-rata jam 14,85 jam, rata-rata volume distribusi 173,2 m3, dan rata-rata debit air distribusi 3,78 Liter/detik.

Full Text:

PDF 9-12

References


M. K. Asy'ari, “Kalibrasi Flow Meter Dalam Aliran Fluida Pada Sistem Manifold,” Institut Teknologi, 2014.

Y. dan M. Fatkhurrokhman, “Panel MCC-300 Sebagai Alat Pengontrol Mesin Pompa Distribusi,” SAINTEK : Jurnal Sains dan Teknologi, 2023.

B. J. Permana dan S. Notodarmojo, “Perancangan Unit Koagulasi, Flokulasi dan sedimentasi Pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sinumbra, Kabupaten Bandung,” Institut Teknologi Bandung, 2019.

R. Fitri, “Optimalisasi Perusahaan Daerah Air Minum dalam Pengelolaan Air Minum Kota Medan,” Jurnal ArchiGreen, 2016.

H. Gusril, “Studi Kualitas Air Minum PDAM di Kota Duri Riau,” Jurnal Geografi, 2016.

T. P. Trias, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Input Water Pada Mini Power Plant Berbasis HMI (Human Machine Interface) di Workshop Instrumentasi,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017.

M. N. Arief, “Pemanfaatan Sensor Flowmeter Berbasis ATMEGA328 Dalam Perhitungan Harga dan Jumlah Pemakaian Air Bersih Berlangganan,” Universitas Negri Jakarta, 2015.

Saeful Bahri, Putra Arista Pratama, “Perancangan Prototipe Sistem Pemantauan Pemakaian Air Secara Digital Dalam Rangka Meningkatkan Akurasi Pencatatan Pemakaian Air Pelangan,” eLECKTUM, 2016.

Soewarno, Hidrologi Untuk Pengairan, Jakarta: PT Pradyna Paramita, 1977.

Y. Nurdin, B. B. L. Gaol dan M. K. Muchamad, “Kajuan Perbandingan Desain Sensor Pengukur Water Flow di WTP PDAM Tirta Daroy Lambaro,” KITEKTRO : Jurnal Komputer, Informasi Teknologi, dan Elektro, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.