Studi Deskriptif Peranan Bengkel Dan Laboratorium Di Pendidikan Vokasional

Irwanto Irwanto

Abstract


Pendidikan vokasional atau pendidikan kejuruan memiliki peran penting dalam mempersiapkan generasi muda untuk memasuki dunia kerja. Salah satu aspek kunci dari pendidikan vokasional adalah penggunaan bengkel dan laboratorium vokasi. Bengkel vokasi adalah tempat di mana siswa dapat mempraktikkan keterampilan praktis dalam berbagai bidang seperti otomotif, konstruksi, kuliner, dan lain-lain. Laboratorium vokasi, di sisi lain, memberikan pengalaman praktis dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti kimia, biologi, teknik, dan teknologi informasi. Keduanya memiliki peran yang krusial dalam mendukung pendidikan vokasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan penelitian dengan metode yang digunakan adalah metode studi pustaka dan perancangan. Metode studi pustaka merupakan metode dengan cara membaca dan mencari reverensi atau teori-teori yang di dapatkan melalui buku-buku bacaan atau jurnal ilmiah terkait peranan bengkel dan laboratorium vokasi

Full Text:

PDF 34-39

References


Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook. New York: SAGE Publications, Inc.

Sugiyanto, S., Slamet, S., & Sugiyono, S. (2016). Pengembangan Kompetensi Profesional Berkelanjutan Dosen Vokasi Pada Pendidikan Vokasional Di Lampung. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 292. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.10967

Sriwardani, N. (2011). Persepsi mahasiswa terhadap perkembangan pendidikan vokasi di program pendidikan teknik mesin. In Jurnal Pendidikan Vokasi (Vol. 1, Issue 1, p. 179). https://doi.org/10.21831/jpv.v1i1.5813

Siswanto, B. T. (2013). Model penyelenggaraan work-based learning pada pendidikan vokasi Diploma III Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 11–26. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1013

Nyangko, L. R., Karo Karo, U., & Hamdani, A. (2016). Penggunaan Laboratorium Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Teknik Pemesinan. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 102. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3742

Pavlova M.& Munjanganja,L.E. (2009) Changing Workplace Requirements: Implications for Education Rupert Maclean, David Wilson, Chris Chinien; International Handbook of Education for the Changing World of Work, Bridging Academic and Vocational Learning: Germany: Springer Science+Business Media.

Jaya, H. (2013). Pengembangan laboratorium virtual untuk kegiatan paraktikum dan memfasilitasi pendidikan karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 81–90. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.