Smart Sensor Photo Dioda Dalam Meningkatkan Efisiensi Di Dunia Industri Untuk Mensortir Barang Berdasarkan Ketinggian Barang

Desmira Desmira

Abstract


Penerapan smart sensor untuk menghasilkan kwalitas benang yang baik sangat dibutuhkan didalam dunia industri. Salah satu penerapan smart sensor yang umum digunakan adalah sensor proximility dengan memnafaatkan mikrokontroller ATMega 8535  yang bisa mengatur jarak ketepatan dalam menghasilkan benang dan kain yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan pada mesin RIETER E7/5-A di PT.BUDI TEXINDO PRAKARSA bertujuan untuk mengatur jarak ketika proses pemintalan benang dimesin RIETER E7/5-A. Dari penelitian selama satu bulan disana didapatkan hasil perbandingan antara penerapan smart sensor proximitydengan memanfaatkan mikrokontroler ATMega 8535 dapat mempercepat proses pemintalan benang dan meminilisir  kegagalan didalam pemintal benang. Yang dianalisa adalah jenis benang Combed dan Carded. Secara garis besar benang Combed adalah benang yang teksturnya halus dan memiliki komposisi kapas 100% dan kualitasnya sangat baik dan biasa digunakan untuk membuat sebuah pakaian. Sedangkan untuk benang Carded adalah benang dengan jenis tekstur yang agaknya kasar dan kualitasnya tidak lebih baik dari pada benang jenis Combed. Benang jenis Carded ini biasanya digunakan untuk membuat kaos kaki dan semacamnya dengan harga yang tidak lebih mahal dari produksi benang Combed. Untuk pembuatan kedua jenis benang tersebut terdapat beberapa perbedaan tersendiri.


Full Text:

PDF 40-44

References


. Abadi, A. S. (2015). Analisa Perbaikan Profil Tegangan Sistem Tenaga Listrik Sumatra Barat Menggunakan Kapasitor Bank dan Tap Transformator. Jurnal Nasional Teknik Elektro, 4,158-164.

. Anggara, A. R. (2018). Rancang Bangun Sistem Pengatur Pengisian Air Galon Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega328P. Jurnal Online Teknik Elektro, 3, 90-97.

. Carr, J. (1993). smart sensor and Circuits. New Jersey: Percentice Hail.

. Faroqi, A. S. (2016). Perancangan Sistem Kontrol Otomatis Lampu Menggunakan Metode Pengenalan Suara Berbasis Arduino. Jurnal Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi, dan Kontrol, 2, 106-117.

. Harahap, P. (2016). Pengaruh Jatuh Tegangan Terhadap Kerja Motor Induksi Tiga Fasa Menggunakan Simulink Matlab. Jurnal Media Elektrika, 9, 24-41.

. Hermawan, A. (2013). Analisis Terhadap Performance Sistem tenaga Listrik Memakai Metode Aliran Daya. Jurnal ELTEK, 11,17-28.

. Lawrence, C. A. (2003). Fundamental of Spun Yarn Technology. New York: CRC Press.Leksono, E. (1995). Kontrol Automatik. Jakarta: Erlangga.

. Ogata, K. (1993). Teknik Kontrol Automatik (Sistem Pengaturan). Jakarta: Erlangga.

. Pangaribowo, T. (2015). Perancangan Simulasi Kendali Valve dengan Algoritma Logika Fuzzy Menggunakan Bahasa Visual Basic. Jurnal Teknologi Elektro, Universitas Mercu Buana, 6, 123-135.

. Sudaryanto, D. H. (2010). Control System. Cepu: Grafika Pusdiklat Migas.

. Sudibyo, S. A. (2016). Analisis Efisiensi Motor Induksi Pada Kondisi Tegangan Non Rating Metode Segregated Loss. Jurnal Teknosia, 2, 32-40

. Syahputra. (2017). Buku Ajar Transmisi dan Distribusi Tenaga Listrik.Yogyakarta: LP3M UMY Yogyakarta.

. Syufrijal, M. R. (2014). Jaringan Distribusi Tenaga Listrik. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dasar dan Menengah dan Kebudayaan.

. Tanjung. (2014). Rekonfigurasi Sistem Distribusi 20KV Gardu Induk Teluk Lembu dan PLTMG Langgam Power Untuk Mengurangi Rugi Daya dan Drop Tegangan. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 11, 160-166.

. Tiarso, F. E. (n.d.). Upaya Menggunakan Waste di Bagian Pre Spinning dengan Pendekatan Lean Manufacturing (Studi Kasus di PT. XYZ). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, 3, 53-64.

. Tyas, D. S. (2013). Purwarupa Sistem Kendali PID: Studi Kasus Kendali Suhu Ruang. IJEIS, 3, 95-104.

. Yahya, W. (2017). Sistem Kontrol Otomatif. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

. Laurance, D. (1994). Fundamental of Neural Network: Architecture, Algorithm, and Application. New Jerset: Prentice-Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.