Analisis Kualitatif Instrumen Tes Buatan Guru SMK Bidang Keahlian Teknik Mekanik Industri
Abstract
Full Text:
PDF 51-54References
S. R. Ariyanto, I. Wulan, P. Lestari, and S. U. Hasanah, “Problem Based Learning and Argumentation Sebagai Solusi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan PembelajaranKepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 6, no. 2, pp. 197–205, 2020.
S. Hadi, K. I. Ismara, and E. Tanumihardja, “Pengembangan Sistem Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Kompetensi Dasar Kejuruan Siswa SMK,” J. Penelit. dan Eval. Pendidik., vol. 19, no. 2, pp. 168–175, 2015.
R. C. Putra, U. Karo-Karo, and P. Purnawan, “Analisis Penilaian Kualitas Dimensi Produk Uji Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Di Smk,” J. Mech. Eng. Educ., vol. 2, no. 1, p. 98, 2015, doi: 10.17509/jmee.v2i1.1159.
D. Mardapi, Pengukuran, penilaian, dan evaluasi pendidikan (edisi kedua). Yogyakarta: Parama Publishing, 2017.
S. Azwar, Konstruksi tes kemampuan kognitif (edisi kesatu). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
D. P. SMK, Panduan Penilaian Hasil Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.
B. Subali, Prinsip asesmen dan evaluasi pembelajaran (edisi kedua). Yogyakarta: UNY PRESS, 2019.
M. A. Sahputra, I. Ikhsanudin, and H. Abdillah, “Studi Pengetahuan Guru SMK Teknik Mesin di Kota Serang mengenai Pendekatan TPACK dalam Pembelajaran,” Fakt. J. Ilm. Kependidikan, vol. 10, no. 2, p. 113, 2023, doi: 10.30998/fjik.v10i2.15380.
E. Yuliana, I. M. Sadjati, and I. Fadila, “Penilaian tingkat keterbacaan materi modul melalui evaluasi formatif,” J. Pendidik. Terbuka dan Jarak Jauh, vol. 2, no. 2012, pp. 113–124, 13AD.
N. Rahmatih, A. Yuniastuti, and R. Susanti, “Pengembangan Booklet Berdasarkan Kajian Potensi dan Masalah Lokal sebagai Suplemen Bahan Ajar,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Biol. dan Saintek III, pp. 474–481, 2018.
Jamilah, “Penggunaan Bahasa Baku dalam Karya Ilmiah Mahasiswa,” J. Tarb. (Jurnal Ilm. Kependidikan), vol. 6, no. 2, pp. 41–51, 2017.
Khaerudin, “Administrasi, Analisis Butir, dan Kaidah Penulisan Tes,” J. Madaniyah, vol. 1, no. 7, pp. 97–128, 2017.
Z. Matondang, “Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian,” J. Tabularasa PPS UNIMED, vol. 6, no. 1, pp. 87–97, 2009.
I. Ikhsanudin and B. Subali, “Content Validity Analysis of First Semester Formative Test on Biology Subject for Senior High School,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1097, no. 012039, pp. 1–9, 2018.
R. Rosnawati, B. Kartowagiran, and J. Jailani, “A Formative Assessment Model of Critical Thinking in Mathematics Learning in Junior High School,” Res. Eval. Educ. J., vol. 1, no. 2, pp. 186–198, 2015.
H. Retnawati, Validitas, reliabilitas, dan karakteristik butir: panduan untuk peneliti, mahasiswa, dan psikometrian. Yogyakarta: Parama Publishing, 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.