Analisis Kualitatif Instrumen Tes Buatan Guru SMK Bidang Keahlian Teknik Mekanik Industri

Ikhsanudin Ikhsanudin, Atep Iman, Iwan Ridwan, Mahroni Mahroni, Radella Rumapea, Muhammad Bintang Andhika, Reza Hermawan

Abstract


Tes merupakan salah satu bentuk penilaian yang umum digunakan untuk memperoleh informasi mengenai kemampuan siswa termasuk dalam proses pembelajaran di SMK. Berkaitan dengan hal ini, guru SMK perlu memiliki kemampuan untuk menyusun dan mengembangkan instrumen tes dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis instrumen tes buatan guru SMK bidang keahlian Teknik Mekanik Industri. Penelitian ini termasuk jenis analisis isi yang dilakukan secara kualitatif dengan memperhatikan aspek substansi, konstruksi, dan bahasa yang digunakan dalam pembuatan instrumen tes yang mengacu pada pedoman standar penilaian nasional. Instrumen tes yang dianalisis adalah perangkat tes pilihan ganda yang terdiri dari 40 butir soal. Instrumen ini digunakan untuk ujian kenaikan kelas pada mata pelajaran Sistem Kelistrikan Mesin Industri. Berdasarkan hasil analisis, diketahui substansi semua butir soal tergolong baik. Dari segi konstruksi, terdapat tiga butir soal yang dapat ditingkatkan lagi kualitasnya yakni butir nomor 38, 39, dan 40 terkait kejelasan gambar yang digunakan. Pada aspek bahasa, terdapat tujuh butir soal yang dapat diperbaiki yakni butir nomor 1, 2, 6, 22, 23, 26, dan 38. Perbaikan bahasa difokuskan pada penggunaan tanda baca, penggunaan kata depan, dan penyerapan/penandaan istilah asing. Secara kesatuan instrumen tes yang dianalisis telah memenuhi aspek substansi, konstruksi, dan bahasa yang baik. Namun, beberapa kekurangan yang teridentifikasi yang dapat digunakan untuk perbaikan isi instrumen guna meningkatkan kualitas instrumen tes pada pelaksanaan tes berikutnya

Full Text:

PDF 51-54

References


S. R. Ariyanto, I. Wulan, P. Lestari, and S. U. Hasanah, “Problem Based Learning and Argumentation Sebagai Solusi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan PembelajaranKepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 6, no. 2, pp. 197–205, 2020.

S. Hadi, K. I. Ismara, and E. Tanumihardja, “Pengembangan Sistem Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Kompetensi Dasar Kejuruan Siswa SMK,” J. Penelit. dan Eval. Pendidik., vol. 19, no. 2, pp. 168–175, 2015.

R. C. Putra, U. Karo-Karo, and P. Purnawan, “Analisis Penilaian Kualitas Dimensi Produk Uji Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Di Smk,” J. Mech. Eng. Educ., vol. 2, no. 1, p. 98, 2015, doi: 10.17509/jmee.v2i1.1159.

D. Mardapi, Pengukuran, penilaian, dan evaluasi pendidikan (edisi kedua). Yogyakarta: Parama Publishing, 2017.

S. Azwar, Konstruksi tes kemampuan kognitif (edisi kesatu). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

D. P. SMK, Panduan Penilaian Hasil Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.

B. Subali, Prinsip asesmen dan evaluasi pembelajaran (edisi kedua). Yogyakarta: UNY PRESS, 2019.

M. A. Sahputra, I. Ikhsanudin, and H. Abdillah, “Studi Pengetahuan Guru SMK Teknik Mesin di Kota Serang mengenai Pendekatan TPACK dalam Pembelajaran,” Fakt. J. Ilm. Kependidikan, vol. 10, no. 2, p. 113, 2023, doi: 10.30998/fjik.v10i2.15380.

E. Yuliana, I. M. Sadjati, and I. Fadila, “Penilaian tingkat keterbacaan materi modul melalui evaluasi formatif,” J. Pendidik. Terbuka dan Jarak Jauh, vol. 2, no. 2012, pp. 113–124, 13AD.

N. Rahmatih, A. Yuniastuti, and R. Susanti, “Pengembangan Booklet Berdasarkan Kajian Potensi dan Masalah Lokal sebagai Suplemen Bahan Ajar,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Biol. dan Saintek III, pp. 474–481, 2018.

Jamilah, “Penggunaan Bahasa Baku dalam Karya Ilmiah Mahasiswa,” J. Tarb. (Jurnal Ilm. Kependidikan), vol. 6, no. 2, pp. 41–51, 2017.

Khaerudin, “Administrasi, Analisis Butir, dan Kaidah Penulisan Tes,” J. Madaniyah, vol. 1, no. 7, pp. 97–128, 2017.

Z. Matondang, “Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian,” J. Tabularasa PPS UNIMED, vol. 6, no. 1, pp. 87–97, 2009.

I. Ikhsanudin and B. Subali, “Content Validity Analysis of First Semester Formative Test on Biology Subject for Senior High School,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1097, no. 012039, pp. 1–9, 2018.

R. Rosnawati, B. Kartowagiran, and J. Jailani, “A Formative Assessment Model of Critical Thinking in Mathematics Learning in Junior High School,” Res. Eval. Educ. J., vol. 1, no. 2, pp. 186–198, 2015.

H. Retnawati, Validitas, reliabilitas, dan karakteristik butir: panduan untuk peneliti, mahasiswa, dan psikometrian. Yogyakarta: Parama Publishing, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.