Transformasi Pendidikan Vokasional: Strategi Peningkatan Kompetensi Guru SMK melalui Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0

Syaugi Fauzal Syarif, Ade Dwi Putra Janata

Abstract


Revolusi Industri 4.0 telah membawa perubahan besar dalam dunia industri dengan integrasi teknologi canggih seperti otomatisasi, kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), dan analisis data besar. Perubahan ini memberikan dampak signifikan pada sektor pendidikan, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang bertujuan mencetak tenaga kerja siap pakai. Namun, tantangan besar dihadapi oleh guru SMK dalam mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri yang terus berkembang. Guru tidak hanya dituntut untuk menguasai teknologi terkini, tetapi juga harus mampu mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran teknologi dalam meningkatkan kompetensi guru SMK melalui tiga aspek utama: penguasaan teknologi terkini, adaptasi terhadap perkembangan industri, dan peningkatan kualitas pengajaran berbasis teknologi. Dengan menggunakan pendekatan studi literatur, penelitian ini menganalisis berbagai tantangan dan peluang dalam penerapan teknologi untuk pendidikan vokasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri, pelatihan teknologi yang berkelanjutan, serta investasi dalam infrastruktur pendidikan menjadi faktor kunci dalam mendukung transformasi pendidikan vokasional. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategis bagi pemangku kebijakan dalam mendukung pengembangan kapasitas guru SMK, sehingga pendidikan vokasi dapat beradaptasi dengan tuntutan Revolusi Industri 4.0 dan menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di pasar kerja global.

Full Text:

PDF 43-46

References


Andayani, E., & Yusuf, M. (2023). Peran platform digital dalam

meningkatkan keterampilan pengajaran berbasis teknologi

pada guru SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 11(1), 65-75.

Dewi, L., Haryanto, T., & Cahyadi, S. (2023). Analisis

keterlibatan siswa dalam pembelajaran berbasis teknologi

di SMK. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 89- 101.

Hamdani, F., Rahmawati, D., & Nugroho, S. (2023). Strategi guru

SMK dalam meningkatkan kompetensi teknologi menghadapi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 18(1), 44-56.

D, D., Khasanah, M., & Putri, A. M. (2021). Penguatan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran di Sekolah: (Sebuah Upaya Menghadapi Era Digital dan Disrupsi). Eksponen, 11(2), https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381 25–35.

Iskandar, M., & Sutrisno, A. (2023). Pemanfaatan teknologi

dalam meningkatkan kompetensi guru SMK di era digital. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(3), 35-47.

Janata, A. D. P., Mulianti, & Jalinus, N. (2024). Penerapan Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(8), 44080–44091. http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/20951 Kemdikbud.go.id. (2019). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. In Http://Kemdikbud.Go.Id/ (p. ). https://doi.org/10.1038/nrd3246

Lee, J., Bagheri, B., & Kao, H.-A. (2022). Industry 4.0 and smart

manufacturing. Springer. Priyanto, H., & Santoso, R. (2023). Penggunaan simulasi berbasis industri di SMK untuk meningkatkan relevansi pengajaran dengan praktik industri. Jurnal Vokasi dan Teknologi, 15(2), 90-105.

Rahman, M., & Priyanto, E. (2023). Peningkatan keterampilan

guru SMK dalam menghadapi perubahan industri melalui teknologi. Jurnal Pendidikan, 20(3), 112- 123.

Schwab, K. (2023). The Fourth Industrial Revolution: Industry transformation in a digital age. Crown Publishing Group.

Setiawan, R., & Hidayat, A. (2023). Pengaruh teknologi dalam

pembelajaran terhadap kualitas pengajaran di SMK. Jurnal

Pendidikan Teknik, 19(2), 145-156.

Sudira, P. (2020). Paradigma Baru Pembelajaran Vokasional Era Revolusi Industri 4.0 (Membangun SDM Digital Among Kreativitas Dagang Inovasi). UNY Press.

Wahyudi, A., & Saputra, F. (2023). Kesiapan guru dalam

menghadapi tantangan industri melalui penggunaan

teknologi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(3), 50-63.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.