ANALISA STATIS POROS RODA BELAKANG PADA KENDARAAN PENILIK JALUR KERETA API DENGAN METODE PERHITUNGAN MANUAL DAN FINITE ELEMEN METODE

Uum Sumirat, Furi Aida Nisa, Doni Fajar Ramadhan, Heni Kania Dewi, Syafwardi Syafwardi, Cecep Deni Mulyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keamanan dan keandalan poros roda belakang pada kendaraan penilik jalur kereta api melalui metode perhitungan manual dan Finite Element Method (FEM) menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor. Kendaraan yang dianalisis merupakan hasil modifikasi dari mobil TATA Motor model ACE EX2, yang digunakan untuk memeriksa prasarana serta membawa petugas dan material kerja di jalur kereta api. Metode penelitian melibatkan perhitungan manual untuk menentukan tegangan lentur dan diameter aman poros, serta analisis menggunakan FEM untuk memperoleh faktor keamanan (safety factor) dan distribusi tegangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa poros roda belakang memenuhi standar keamanan baik melalui perhitungan manual maupun simulasi FEM, dengan tegangan lentur dan faktor keamanan berada dalam batas yang diizinkan. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan keandalan dan keselamatan kendaraan penilik jalur kereta api, serta berkontribusi pada pengembangan sistem inspeksi dan perawatan jalur kereta api di Indonesia.

Full Text:

PDF 27-31

References


Akbar Hidayat, A. H., Syahrul Syamsu, S. S., & Humam Subari, H. S. (2020). Modifikasi Media Pembelajaran Sistem Penerus Daya Penggerak Roda Belakang (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Ujung Pandang).

BAGUS RAHMAWAN, SUGIANTO (2022). OPTIMALISASI KINERJAJACKET COOLING PADA MAIN ENGINE DI KAPAL KM. FAJAR BAHARI II (Thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar).

Biomantara, K., & Herdiansyah, H. (2019). Peran Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai Infrastruktur Transportasi Wilayah Perkotaan. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19(1), 1-8.

Budynas, R. G., & Nisbett, J. K. (2011). Shigley's mechanical engineering design (Vol. 9, pp. 409-473). New York: McGraw-Hill. Chan, A. H. C., & Zienkiewicz, O. C. (2020). Numerical modelling of static and dynamic geomechanics problems using the generalised Biot formulation and comparison with centrifuge experiments. In Poromechanics (pp. 363370). CRC Press.

DEWI, H. K. (2023). ANALISIS KEAMANAN RODA LORI PADA KENDARAAN PENILIK JALUR REL KERETA METODE API MENGGUNAKAN PERHITUNGAN MANUAL (Bachelor Degree Thesis, Universitas sangga buana YPKP).

FIRMANSYAH, T. N. (2023). ANALISA SISTEM PENGEREMAN (REM CAKRAM) PADA UNIT KENDARAAN PENILIK JALUR KERETA API

(Bachelor Degree Thesis, Universitas Sangga Buana YPKP).

SHIDIQ, A. P. (2023). ANALISA PERENCANAAN POROS BELAKANG KENDARAAN PICK UP MENGGUNAKAN METODE MANUAL DAN SIMULASI PERHITUNGAN (Bachelor Degree Thesis, Universitas Sangga Buana YPKP).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.