Desain dan Aplikasi Internet of Thing (IoT) untuk Smart Grid Power Sistem

Nur Asyik Hidayatullah, Dirvi Eko Juliando

Abstract


Jaringan listrik cerdas atau yang lebih dikenal dengan istilah Smart Grid merupakan salah satu bentuk transformasi dan reformasi teknologi di industri ketenagalistrikan. Smart Grid adalah jaringan energi listrik modern yang secara cerdas dapat mengintegrasikan jaringan listrik dengan perangkat komunikasi yang mendukung pembangkit dan jaringan transmisi distribusi listrik menjadi lebih atraktif, komunikatif dan berkualitas. Smart Grid juga mampu untuk mencegah dan mengisolasi gangguan dengan cepat serta menyajikan informasi data kelistrikan secara real time. Sedangkan Internet of Thing (IoT) adalah sebuah metode yang bertujuan untuk memaksimalkan manfaat dari konektivitas internet untuk melakukan transfer dan pemrosesan data-data atau informasi melalui sebuah jaringan internet secara nirkabel, virtual dan otonom. IoT secara teknis dapat mendorong dalam mengembangkan jaringan smart grid dengan mengintegrasikan insfrastruktur utama power sistem mulai dari sisi pembangkit sampai dengan konsumen akhir melalui wireless sensor network secara otomatis. Dengan pemanfaatan IoT diharapkan dapat meningkatkan keandalan sistem informasi dari jaringan listrik serta meningkatkan efisiensi terhadap insfrastruktur listrik yang sudah tersedia. Artikel ini akan menyajikan konsep  teknologi smart grid, internet of thing dan membahas model desain  dan aplikasi IoT di jaringan smart grid.


Full Text:

PDF

References


Janez Potocˇnik (2006) European SmartGrids Technology Platform

http://www.smartgrids.eu/documents/vision.pdf

Momoh, JA, 'Smart grid design for efficient and flexible power networks operation and control', Power Systems Conference and Exposition, IEEE/PES, pp. 1-8, 2009

NIST Special Publication 1108 on the January 2010, 'NIST framework and roadmap for smart grid interoperability standard, release 1.0', Office of the National Coordinator for Smart Grid Interoperability, National Institute of Standard and Technology, U.S Department of Commerce.“Smart Grids—European Technology Platform,” Technical Report.

Permata, E., Hamid, M.A., Fatkhurrokhman, M. (2016). Smart Alarm Rumah Berbasis Short Messages Service (SMS). Sentia 8: Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya: 75-81.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/volt.v2i1.1347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________
VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro ISSN 2528-5688 (print) | ISSN 2528-5696 (online)
Published by Department of Electrical Engineering Vocational Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) - Association of Indonesian Vocational Educators (AIVE)
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
E   : volt.jipte@untirta.ac.id, abi.mustofa@untirta.ac.id, m.abihamid@gmail.com
Ph : +62 8566666090 / +62 81298509170