Kontribusi Kreativitas dan Penggunaan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) Siswa Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Padang

Febrika Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kontribusi kreativitas  dan penggunaan sarana prasarana terhadap hasil belajar mata diklat keterampilan komputer dan pengolahan informasi (KKPI) siswa kelas 1 (satu) jurusan teknik Audio Video (AV) SMK Negeri 1 Padang. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ketiga hipotesis yang diuji dalam penelitian ini diterima secara empiris. Dengan demikian diyakini bahwa kreativitas, penggunaan sarana prasarana berpengaruh terhadap hasil belajar baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Namun bila dilihat dari kontribusi masing-masing prediktor terhadap hasil belajar, maka kreativitas memberikan pengaruh yang  besar terhadap hasil belajar sebesar 27,9% dibandingkan dengan penggunaan sarana prasarana 24,%. Bila dicermati pengaruh secara bersama dari kreativitas dan penggunaan sarana prasarana terhadap hasil belajar siswa sebesar 40,3%. Hal ini menggambarkan bahwa hanya 40,3%, kreativitas dan penggunaan sarana prasarana terhadap hasil belajar. Dan diperkirakan sisanya sebesar 57,7% merupakan pengaruh  faktor lain.

Keywords


kreativitas; sarana; prasarana

References


Arikunto, S. (1995). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Bonate, P. L. (2000) Analysis of Pretest-Posttest Design. Boca Raton London New York Washington DC. Chapman & Hall/CRC

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Standar Kompetensi Nasional.

Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan (2002) Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran.

Djamarah, S. B. dan Zain, A. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, O. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo.

Hamid, M. A., Nyeneng, I., & Rosidin, U. (2013). Perbandingan Penggunaan Feedback pada Lembar Jawaban Siswa Terhadap Penguasaan Konsep Fisika melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 1(5).

Idris, Z. dan Jamal, L. (1992). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Maksan, M. (1993). Pedoman Menyusun Karya Tulis Ilmiah. Padang: IKIP Padang Press.

Masidjo, I. (1995). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius

Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Prayitno, E. (1989). Motivasi dalam Belajar, Jakarta: P2LPK

Purwanto, M. N. (2004). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Riduwan. (2004) Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Santoso, S. (2000) SPSS, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Slameto. (1998). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara

Suciati dan Irawan, P. (2001). Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Sudjana, N. (1996). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudjana. (1996). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i2.2874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________
VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro ISSN 2528-5688 (print) | ISSN 2528-5696 (online)
Published by Department of Electrical Engineering Vocational Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) - Association of Indonesian Vocational Educators (AIVE)
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
E   : [email protected], [email protected], [email protected]
Ph : +62 8566666090 / +62 81298509170