Kontribusi Motivasi Belajar dan Kebiasaan Belajar Siswa Teknik Audio Video Terhadap Hasil Belajar pada Mata Diklat PKDLE

Retno Utari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar dan kebiasaan belajar siswa selama mengikuti proses belajar mengajar pada mata diklat PKDLE yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas 1 Teknik Audio Video SMK N 1 Padang.  Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar yang berkontribusi positif sebesar 38,30% dan linier dengan taraf kepercayaan 95%, yang berarti jika motivasi belajar siswa meningkat maka kontribusinya terhadap hasil belajar juga akan semakin besar. Kebiasaan belajar berkontribusi positif sebesar 32,10 % dan linier dengan taraf signifikansi 95 %, yang berarti jika kebiasaan belajar siswa semakin baik, maka kontribusi yang diberikannya terhadap hasil belajar juga akan semakin baik.  Motivasi belajar dan kebiasaan belajar secara bersama-sama berkontribusi positif sebesar 50,90 % dan linier dengan taraf signifikansi 95 %, artinya jika motivasi belajar semakin meningkat dan didukung oleh kebiasaan belajar yang semakin baik, maka kontribusi yang diberikannya juga akan semakin baik terhadap hasil belajar siswa. Dari data temuan  penelitian dapat dilihat tingkat pencapaian responden terhadap motivasi belajar termasuk dalam kategori cukup dan kebiasaan kebiasaan belajar juga dalam kategori cukup.

Keywords


motivasi belajar; kebiasaan belajar; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1990). Manajemen Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (1993). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2002). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono. (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdikbud. 1999. Garis-garis Besar Program Pendidikan dan Pelatihan Bagian II. Jakarta: BBC. PSG

Depdikbud. 2004. Garis-garis Besar Program Pendidikan dan Pelatihan Bagian III. Jakarta: BBC. PSG

Djaali. (2000). Psikologi Pendidikan. Program Pasca Sarjana: UNJ.

Hamalik, O. (1992). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hamalik, O. (2004). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Irianto, A. (2004). Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Prenada Media.

Joint, Committee. 1991. Ukuran Baku Untuk Evaluasi Program, Proyek dan Materi Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Makmun, A. S. (2004). Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prayitno, E. (1989). Motivasi Dalam Belajar. Jakarta: P2LPTK.

Santoso, S. (2001). SPSS. Jakarta: Elex Media Computindo.

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sartika, D. (2003). Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Konstruksi Beton Sederhana Pada Siswa Kelas II Program Keahlian Konstruksi Bangunan SMK N I Lintau Buo. Padang: FT UNP.

Sudijono, A. (2001) Pengantar Evaluasi Pendi-dikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. (1989). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

TIM MKDK. 2002. Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran. Padang: FIP UNP.

Winkel. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i2.2877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________
VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro ISSN 2528-5688 (print) | ISSN 2528-5696 (online)
Published by Department of Electrical Engineering Vocational Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) - Association of Indonesian Vocational Educators (AIVE)
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
E   : [email protected], [email protected], [email protected]
Ph : +62 8566666090 / +62 81298509170