Kontribusi Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI)

Irdian Irwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi persepsi siswa tentang kinerja guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar komputer dan pengolahan informasi ( KKPI ) kelas X jurusan Audio Video di SMK 1 Padang. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif dengan pendekatan Ex-post facto. Penelitian deskriptif ini berbentuk korelasional, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X Jurusan Audio SMK Negeri 1 Padang yang berjumlah 67 orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket yang disebarkan kepada sampel penelitian. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan perhitungan persentase dan regresi dengan bantuan komputer SPSS. Hasil penelitian mengukap bahwa: (1) Terdapat kontribusi dari persepsi siswa tentang kinerja guru terhadap hasil belajar keterampilan komputer dan pengelolaan informasi (KKPI) siswa kelas X Jurusan Audio Video di SMK Negeri 1 Padang. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kinerja guru (X1) terhadap hasil belajar (Y) secara empiris memiliki kontribusi secara signifikan sebesar = 48% (R2). (2) Terdapat kontribusi dari motivasi belajar terhadap hasil belajar keterampilan komputer dan pengelolaan informasi (KKPI) siswa kelas X Jurusan Audio Video di SMK Negeri 1 Padang. Berdasarkan  analisis data menunjukkan bahwa motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) secara empiris memiliki pengaruh secara signifikan sebesar = 35,50% ( R2 ). (3) Terdapat kontri-busi persepsi siswa tentang kinerja guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) siswa kelas X Jurusan Audio Video di SMKN 1 Padang, diperoleh koefisien korelasi sebesar = 0,723 dengan koefisien determinasi sebesar = 0,835 atau 83,50%.

Keywords


kinerja guru; motivasi; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1989). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Dalyono. (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Davidoft, L. C. (1991). Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga

Depdikbud (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Mulyadi, J. S. (2001). System Perencanaan & Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat

Prayitno, E. (1989). Motivasi Dalam Belajar. Jakarta: P2LPK

Purwanto. (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosda Karya

Rahmat. (1992). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sardiman, A. M. (1986). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Shadilly, H. (2000). Kamus Inggeris Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhuinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N. (1991). Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Suyabrata, S. (1995). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali

Syafruddin, N. (2005). Guru Profesional & Implementasi Kurikulum. Jakarta: Quantum Teaching

Thoha, M. (1986). Prilaku Organisasi Sosial Konsep dan Dasar Aplikasi. Jakarta: Rajawali

Widodo, A. H. (1990). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i2.2879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________
VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro ISSN 2528-5688 (print) | ISSN 2528-5696 (online)
Published by Department of Electrical Engineering Vocational Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) - Association of Indonesian Vocational Educators (AIVE)
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
E   : [email protected], [email protected], [email protected]
Ph : +62 8566666090 / +62 81298509170