Penerapan metode mind mapping pada mata diklat embedded system di SMK Negeri 3 Pariaman

Rahmat Hidayat

Abstract


Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMK XI TKJ yang menggunakan mind mapping dengan menggunakan metode konvensional pada mata diklat embedded system di smk n 3 pariaman. Proses berikutnya adalah diberikan perlakuan yang berbeda terhadap 2 kelas, yang pertama mengunakan mind mapping dan yang kedua menggunakan metode konvensional. Selanjutnya adalah mengambil data tes akhir (post-test). Hasil nilai rata-rata post-test untuk kelas kontrol adalah sebesar 68,933. Nilai ini memiliki sedikit perbedaan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yang nilai rata-ratanya sebesar 78,032. Dilihat dari distribusi datanya juga menunjukkan perbedaan yang berarti. Nilai median dan modus hasil post-test (Y1) untuk kelas kontrol sebesar 68 sedangkan untuk kelas eksperimen (Y2) sebesar 80. Langkah berikutnya adalah melakukan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis komparasional menggunakan uji t. Dalam pembelajaran dengan menggunakan mind mapping lebih baik karena mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam proses belajar mengajar dan memudahkan siswa dalam menyimpan informasi dalam otaknya karena mind mapping membuat catatan yang menarik dan mudah diingat

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Eval-uasi Pendidikan. rev. Ed. Jakarta: Bina Aksara.

Belitong, Jaafar Usman. 2011. Mind Map dan Optimalisasi Belajar. http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=20&jd=Mind+Map+dan+Optimalisasi+Belajar&dn=20110531185208 [29 Desember 2011]

Buzan ,Tony. 2009. Buku Pintar Mind Map. Terjemahan oleh Susi Purwoko. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Colin, Rose dan malcom j. Nicholl. 2003. Accelerated Learning for the 21st Century. Terjemahan oleh Dedy Ahimsa. Jakarta: Nuansa

Depoter, Bobbi, Mark Readon, dan Sarah Sing-er. (2005). Quantum Teaching. Terjemahan oleh Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

Kurniawati, Dhida Dwi. 2010. Pengaruh Metode Mind Mapping dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Penegtahuan Sosial pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: FKIP UMS.

Lufri. 2006. Strategi pembelajaran Biologi. Padang: Tim Editor UNP-Press

Mahmuddin. 2009. Pembelajaran Berbasis Peta Pikiran (mind Mapping). http://pembelajaran-berbasis-peta-pikiran-/mind-mapping/<[28 Desember 2011]

Mispawati. 2008. Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi melalui Penggunaan Mind Map di Kelas XI IPA 1 Man Tembilahan. Tesis tidak diterbitkan. Padang: UNP.

Nasution. 2009. Berbagai pendekatan dalam proses belajar & mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian. Bandung : Alfabeta

Rostikawati. 2008. Metode Mind Map (Quantum Learning). http://metode-mind-map-(quantum-learning)-supriyono1001/ [28 Desember 2011]

Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2003. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suhartini, Yeni. 2009. “Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Strategi Mind Mapping di Sekolah dengan di Rumah pada Kelas VII SMP N 12 Padang Tahun Ajaran 2008/2009”. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: FMIPA UNP.

Widodo, Romy Budhi. 2009. Embedded System Menggunakan Mikrokontroller dan Pemograman C. Yogyakarta: ANDI.

Yoga, Djohan. 2011. Petunjuk praktis untuk menerapkan kegiatan Belajar Mengajar berbasis Mind Map. http://astutimin.wordpress.com/20/11/12/29/meningkatkan-hasil-belajar-dan-kreativitas-siswa-melalui-pembelajaran-berbasis-peta-pikiran-mind-mapping/




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/volt.v4i1.4719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________
VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro ISSN 2528-5688 (print) | ISSN 2528-5696 (online)
Published by Department of Electrical Engineering Vocational Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) - Association of Indonesian Vocational Educators (AIVE)
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
E   : volt.jipte@untirta.ac.id, abi.mustofa@untirta.ac.id, m.abihamid@gmail.com
Ph : +62 8566666090 / +62 81298509170