Identifikasi Obyek Benda Tajam Menggunakan Pengolahan Citra Digital pada Citra X-Ray

Endi Permata

Abstract


Pemindaian barang di bandara merupakan bagian dari usaha menjaga kemananan dan keselamatan penumpang dan bandara itu sendiri. Selama ini proses pemindaian barang masih secara manual, yaitu dengan melihat monitor display mesin x-ray. Salah satu tujuannya adalah untuk memeriksa apakah terdapat barang berbahaya seperti pisau di dalam tas atau bagasi penumpang. Penelitian ini mengimplementasikan identifikasi obyek benda tajam (dibatasi pada pisau, cutter dan gunting) pada citra x-ray menggunakan color based segmentation yang bertujuan untuk mengurangi kelalaian petugas keamanan bandara dalam memeriksa barang bawaan penumpang yang diakibatkan oleh keletihan. Proses identifikasi dilakukan dengan menghitung boundary obyek dan nilai kebulatan untuk menentukan apakah obyek pemindaian tersebut adalah benda tajam (pisau, gunting, cutter) atau bukan.

Keywords


citra x-ray, segmentasi warna, threshold, x-ray

Full Text:

PDF

References


Arif, Isturom. (2012). Identifikasi Obyek Pisau pada Citra X-ray di Bandara. Surabaya: Semantik.

Dika, Adi Khrisna. Identifikasi Obyek Berdasarkan Bentuk dan Ukuran. (Skripsi). Teknik Elektro Universitas Diponegoro Semarang.

Gonzales, Rafael C. (2002). Digital Image Proccessing (2nd Edition). New Jersey: Prentice Hall.

Harlow, H. F. (1999). Fundamentals for preparing psychology journal articles. Journal of Comparative and Physiological Psy-chology, 55, 893-896.

Kadir, Adhi Susanto. (2013). Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra (Edisi Pertama). Yogyakarta: Andi.

Mery, Domingo. Automated Detection in Complex Objects Using a Tracking Algorithm in Multiple X-Ray View. Journal Departement of Computer Science-Pontificia Universidad Catolica de Chile Av. Vicuna Mackenna. Santiago de Chile.

Mery, Domingo. X-Ray Testing: The State of the Art. Journal Departement of Computer Science-Pontificia Universidad Catolica de Chile Av. Vicuna Mackenna. Santiago de Chile.

Nurraharjo, Eddy. (2011). Implementasi morphology Concept and Technique dalam Pengolahan Citra Digital Untuk Menentukan Batas Obyek dan Latar Belakang Citra. Jurnal Universitas Stikubank Semarang.

Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Udara. (2010). Tata Cara Pemeriksaan Kea-manan, Penumpang, Personel Pesawat udara dan Barang Bawaan yang Diangkut dengan Pesawat udara dan Orang Perseorangan. Nomor: SKEP/2765/XII/2010. Jakarta: Dirjen Perhubungan Udara.

Powar, Varsha. Skin Detection in YCBCR Colour Space.

Riffo and Mery. Active X-Ray Testing of Complex Objects. Journal Departement of Computer Science-Pontificia Universidad Catolica de Chile.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i1.815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________
VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro ISSN 2528-5688 (print) | ISSN 2528-5696 (online)
Published by Department of Electrical Engineering Vocational Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) - Association of Indonesian Vocational Educators (AIVE)
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
E   : volt.jipte@untirta.ac.id, abi.mustofa@untirta.ac.id, m.abihamid@gmail.com
Ph : +62 8566666090 / +62 81298509170