Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Administrasi Publik?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Petunjuk Bagi Calon Penulis Jurnal Administrasi Publik (JAP)

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel yang ditulis pada JAP adalah hasil telaah (hanya atas undangan) dan hasil penelitian di bidang Administrasi Publik yang belum pernah dipublikasikan.
  2. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris menggunakan MS Words dengan font Arial , ukuran 11 pts, spasi 1,0 sepanjang 10-20 halaman dan dikirimkan ke alamat email : jap@fisip-untirta.ac.id
  3. Nama penulis dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel. Jika penulis terdiri dari 4 orang atau lebih, yang dicantumkan pada bawah judul artikel hanya nama penulis pertama, nama penulis lainnya dicantumkan pada catatan kaki. Selain nama penulis diharuskan mencantumkan alamat email, nama instansi dan alamat instansi.
  4. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Inggris dengan format esai, disertai judul pada masing-masing bagian artikel, kecuali bagian pendahuluan yang disajikan tanpa judul bagian. Judul artikel dicetak dengan huruf besar ditengah-tengah, dengan ukuran huruf 11 pts. Semua judul , judul bagian dan sub bagian ditulis dengan huruf tebal atau tebal miring, dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul bagian.

    PERINGKAT I ( HURUF BESAR SEMUA, TEBAL RATA TEPI KIRI )

    Peringkat 2 (Huruf Besar Pada Awal Huruf, Tebal, Rata Tepi Kiri )

    Peringkat 3 (Huruf Besar Pada Awal Huruf, Tebal Miring, Rata Tepi Kiri)

  5. Sistematika artikel hasil telaah adalah : Judul; nama penulis (tanpa gelar akademik);  instansi penulis; alamat penulis; email penulis; abstrak (maksimum 200 kata); kata kunci; pendahuluan (tanpa judul) yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan; bahasan utama (dapat dibagi-bagi dalam sub-sub bagian); penutup atau kesimpulan; daftar pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).
  6. Sistematika artikel hasil penelitian adalah : Judul; nama penulis (tanpa gelar akademik);  instansi penulis; alamat penulis; email penulis; abstrak (maksimum 200 kata); kata kunci; pendahuluan (tanpa judul) yang berisi latar belakang dan tujuan penelitian, teori yang digunakan dan tinjauan pustaka berupa penelitian-penelitian terdahulu; Metode Penelitian (berisi metodologi dan metode penelitian yang digunakan), Hasil Penelitian;  Pembahasan (dapat dibagi-bagi dalam sub-sub bagian); penutup atau Simpulan; daftar pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).
  7. Sumber Rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah.
  8. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik running note, rujukan berkurung Nama ( tahun: hal)  contoh : Menurut Davis (2010:78)

    atau (Nama,tahun : hal) contoh : (Davis,2010:78) 

  9. Penyajian tabel dengan posisi centre , judul tabel diberi nomor, berada di atas tabel dengan huruf besar pada awal huruf. Format tabel tanpa garis vertikal, sumber tabel dituliskan pada bagian bawah tabel.
  10. Penyajian gambar dengan posisi centre,  judul gambar , diberi nomor, berada di bawah gambar dan dimuat sumbernya.
  11. Penulisan Daftar Pustaka menggunakan teknik Harvard.
  12. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bebestari (reviewers) yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bebestari atau penyunting. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis.
 

Copyright Notice

Jurnal Administrasi Publik site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 

Authors who publish with Jurnal Administrasi Publik (JAP) agree to the following terms:

  • Authors transfer the copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.