PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN ADOPSI INOVASI OJEK ASI DI UPT PUSKESMAS KEBAKKRAMAT I KABUPATEN KARANGANYAR

Nora Mudlikhatul Wahidah, Rino Ardhian Nugroho

Abstract


Rendahnya angka cakupan ASI eksklusif di Indonesia menimbulkan banyak masalah yang dapat berpengaruh pada gizi bahkan kematian pada bayi. Inovasi Ojek ASI diciptakan untuk mengatasi masalah rendahnya angka cakupan ASI eksklusif khususnya di Kecamatan Kebakkramat. Namun penerimaan inovasi Ojek ASI masih cukup rendah, hal ini dilihat dari jumlah adopter yang masih sedikit. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kelima tahap dalam proses pengambilan keputusan adopsi inovasi Ojek ASI oleh adopter dan faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi inovasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Model Proses Inovasi (rogers, 2003). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengambilan keputusan adopsi inovasi ojek asi, adopter telah melewati kelima tahap yang ada. Namun, dalam tahap persuasi terdapat satu dimensi yang belum terpenuhi yaitu kemungkinan dicoba. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam adopsi inovasi adalah praktik sebelumnya, masalah yang dirasakan, keinovatifan dan norma yang berlaku dalam sistem sosial.

Kata kunci: asi eksklusif, inovasi, pengambilan keputusan, adopsi, ojek asi




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jap.v12i1.10050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Administrasi Publik

Jurnal Administrasi Publik site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 JAP, Jurnal Administrasi Publik. Journal is published by Laboratorium Administrasi Publik FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Jalan Raya Palka Km 3, Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten 42163, Indonesia. Telepon: Telp: (0254) 280330 ext. 228, Email: jap@untirta.ac.id | Click to access: Jurnal Administrasi Publik

 

ISSN 2087-8923 | e-ISSN 2549-9319

Published by Jurnal Untirta, part of the Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

 

 

Klik disini untuk melihat Grafik Stat Counter: