Responsivitas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Surakarta dalam Menangani Keluhan Masyarakat Mengenai Pelayanan Penerangan Jalan Umum
Abstract
Pelayanan publik tentu sangat penting untuk menjadi prioritas. Tetapi masih banyaknya keluhan dan pengaduan dari masyarakat baik secara langsung maupun melalui media elektronik. Maka dari itu, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah berusaha memperbaiki kinerja birokrasi. Kota Surakarta menjadi pilot project sistem pengendalian Penerangan Jalan Umum (PJU) Pintar. Walaupun begitu, Kota Surakarta masih mendapatkan banyak keluhan dari masyarakat terkait dengan penerangan jalan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui responsivitas Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Surakarta dalam menangani keluhan masyarakat mengenai pelayanan penerangan jalan umum dengan teori yang digunakan mengacu pada teori responsivitas Agus Dwiyanto (2017). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari sumber data primer berupa beberapa orang informan dan sumber data sekunder berupa dokumen terkait dengan penelitian.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas PUPR Kota Surakarta berusaha untuk melakukan yang terbaik dalam responsivitas mengenai pelayanan penerangan jalan umum dan terdapat beberapa alasan atas keterlambatan atau tidak adanya tindak lanjut dari pelayanan PJU tetapi ada beberapa masyarakat yang tidak diberikan respon terlebih dahulu terkait hal tersebut.
Keywords
Full Text:
PDF 117-134 (Indonesian)References
Annas, A. (2017). Interaksi Pengambilan Keputusan dan Evaluasi Kebijakan. Makassar: Celebes Media Perkasa.
Dailiati, S. (2018). Kebijakan Retribusi Kebersihan Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat. Surabaya: CV. Jakad Publishing.
Dwiyanto, A. (2018). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik (3nd ed.). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Dwiyanto, A. (2017). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli Inklusif Dan Kolaborasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Dwiyanto, A. (2017). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Hardiansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Nawi, R. (2017). Perilaku kebijakan Organisasi. Makassar: CV Sah Media.
Prasetyo, A, dkk. (2018). Bunga Rampai Inovasi Berkelanjutan: Kepemimpinan, Kebijakan, Sistem, Ekonomi Dan Lingkungan. Jakarta Selatan: Indocamp.
Putra, T. M. (2019). Pelayanan Publik dan Ketahanan Nasional. Jakarta: Penerbit Grasindo.
Rochmah, S. (2013). Responsivitas Pelayanan Studi Pada Kebijakan Pelayanan Air Bersih. Malang: UB Press.
Saggaf, H. M. S. & Haedar Akib. (2018). Reformasi Pelayanan Publik di Negara Berkembang. Makassar: CV Sah Media.
Sanjaya, W. (2015). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.
Sellang, Kamaruddin, dkk. (2019). Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik: Dimensi, Konsep, Indikator dan Implementasinya. Surabaya: Penerbit Qiara Media.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Yusuf, M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media.
Jurnal Ilmiah
Herdini, F & Agus Widiyarta. (2020). Responsivitas Pelayanan Publik Dalam Menangani Keluhan Pelanggan Di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Nganjuk. Public Administration Journal of Research, 2(1), 1-9.
Liang, R., Ching-Sheng Chang & Tung-Sheng Wang. (2011). The effect of service responsiveness and social emotions on service outcomes: An empirical investigation of service firms. African Journal of Business Management, 5(8), 3155-3167. Doi: 10.5897/AJBM10.634.
Putra, R. G. (2016). Responsivitas Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Dalam Menangani Keluhan Masyarakat Mengenai Pelayanan Publik di Kota Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik, 4(1), 1-8.
Setianingrum, T. & Yam’ah Tsalatsa. (2016). Mempertanyakan Responsivitas Pelayanan Publik Pada Pengelolaan Pengaduan Kasus Upik Di Kota Yogyakarta. Jurnal Populasi, 24(1), 1-25.
Verdu, A. J. & Jose-Maria Gomez-Gras. (2009). Measuring the organizational responsiveness through managerial flexibility. Journal of Organizational Change Management, 22(6), 668-690. Doi: 10.1108/09534810910997069.
Dokumen
Ombudsman Republik Indonesia. (2019). Laporan Tahunan 2018 Ombudsman Republik Indonesia. Jakarta: Ombudsman Republik Indonesia.
Penjelasan atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik.
Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 9 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Surakarta Tahun 2016-2021.
Berita Media Cetak Elektronik
Badan Litbang ESDM. (2014). Peresmian Pilot Project Pju Pintar Di 6 Kota dan Jembatan Suramadu. Retrieved from https://litbang.esdm.go.id/news-center/arsip-berita/peresmian-pilot-project-pju-pintar-di-6-kota-dan-jembatan-suramadu.
BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. (2018). Sistem Pelaporan Aduan Penerangan Jalan Umum (PJU) Berbasis Website Di Kota Surakarta. Retrieved from http://bpsdmd.jatengprov.go.id/eproper/inovasi.php?id=1227.
DPMPTSP Kota Surakarta. (2018). Revitalisasi Penerangan Jalan Umum. Retrieved from http://investasi.surakarta.go.id/investasi/penerangan-jalan-umum.html.
DPUPR Kota Surakarta. (2019). Jumlah Penerangan Jalan Umum di Kota Surakarta Tahun 2018. Retrieved from http://data.surakarta.go.id/dataset/jumlah-penerangan-jalan-umum-di-kota-surakarta-tahun-2018.
Public Private Partnership Indonesia. (2018). Penerangan Jalan Umum Kota Surakarta. Retrieved from http://kpbu.djppr.kemenkeu.go.id/proyek/penerangan-jalan-umum-kota-surakarta/.
Unit Layanan Aduan Surakarta. Retrieved from http://pengaduanmasyarakat.surakarta.go.id/.
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jap.v12i2.10568
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Administrasi Publik
Laboratorium Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Sultas Ageng Tirtayasa Serang, Banten, Indonesia.
Telp: (0254) 280330 ext. 228, Email: [email protected]