INOVASI BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU KABUPATEN SIDOARJO DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN

Ilham Akbar

Abstract


Pelayanan publik yang mengedepankan efisiensi dan efektifitas merupakan cerminan dari kualitas pelayanan publik yang akan diberikan kepada masyarakat. Penyelenggaraan ini dilakukan untuk memenuhi hak para warga negara sebagai objek pelayanan dan kewajiban negara sebagai pemberi pelayanan. Permasalahan pelayanan yang kurang dan cendrung bertele-tele menjadi pusat penelitian untuk menjawab persoalan yang dihadapi. Tujuannya yakni agar pelayanan yang akan diberikan bisa maksimal dan terimplementasi secara merata. Semakin buruknya kualitas pelayanan diberikan maka akan berimplikasi kepada pemenuhan hak masyarakat. Hal ini berpedoman pada pasal 2 undang-undang nomor 25 tahun 2009 yang berbunyi penyelenggaraan pelayanan publik yang selanjutnya disebut penyelenggaran negara adalah setiap institusi penyelenggara negara, korporasi, lembaga independen yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk kegiatan pelayanan publik. kegiataan penelitian ini berpedoman pada metode penelitian kualitatif yang mendeskripsikan dan menganalisis tentang Inovasi Yang Dilakukan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu di Kota Sidoarjo Dalam Pemanfaatan Teknologi. Data pada penelitian ini bersumber dari data sekunder yang artinya pengumpulan data secara tidak langsung atau melalui media perantara dan menggunakan teknik studi literature.


Keywords


pelayanan publik, efektifitas, efesiensi

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jap.v11i1.8319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Administrasi Publik

Jurnal Administrasi Publik site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 JAP, Jurnal Administrasi Publik. Journal is published by Laboratorium Administrasi Publik FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Jalan Raya Palka Km 3, Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten 42163, Indonesia. Telepon: Telp: (0254) 280330 ext. 228, Email: jap@untirta.ac.id | Click to access: Jurnal Administrasi Publik

 

ISSN 2087-8923 | e-ISSN 2549-9319

Published by Jurnal Untirta, part of the Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

 

 

Klik disini untuk melihat Grafik Stat Counter: