Partisipasi dan Kepuasan Petani Kelapa Sawit dalam Kegiatan Penyuluh Pertanian di Desa Tiangtarah Kecamatan Bakam

Sudi Irawan, Rostiar Sitorus, Novyandra Ilham Bahtera

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan petani kelapa sawit dalam kegiatan penyuluh pertanian di Desa Tiang Tarah Kecamatan Bakam  dan menganalisis tingkat kepuasan petani kelapa sawit dalam kegiatan penyuluh pertanian di Desa Tiang Tarah Kecamatan Bakam. Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan metode penarikan contoh secara acak sederhana. Pelaksanaan survei dan pengambilan data ke Desa Tiang Tarah dilakukan pada bulan November 2022 sampai Februari 2023.  Terdapat 30 petani kelapa sawit yang merupakan anggota kelompok tani sebagai responden dalam penelitian ini. Tingkat kepuasan petani dalam penyuluhan dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan faktor yang mempengaruhi kepuasan petani dalam penyuluhan dianalisis melalui regresi linier berganda.   Penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat kepuasan petani kelapa sawit dengan kategori setuju sebesar 75,4%. Faktor-faktor yang berpengaruh signifikan pada kepuasan petani kelapa sawit terhadap kegiatan penyuluh pertanian yaitu umur, pendidikan dan pengalaman usahatani.


Keywords


Kepuasan, Petani, Kelapa Sawit

Full Text:

PDF

References


Alviyanti, W., Nurmasari, I., & Prasmatiwi, F. E. 2021. Partisipasi Petani Anggota Perkumpulan Pemakai Air Dalam Pengelolaan Air Irigasi Di Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmu Agribisnis, 9.

Andrias, AA, Darusman, Y, dan Ramdan, M. 2017.Pengaruh Luas Lahan terhadap Produksi dan Pendapatan Usahatani Padi Sawah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 4 (1): 521-529.

Azhar, K. 2015. Peranan Penyuluh Pertanian dalam Pengembangan Kelompok Tani di Desa Gunung Perak Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.

BPS Kabupaten Bangka.2022. Kabupaten Bangka dalam Angka 2021. Sungailiat: Badan Pusat Statitsik Kabupaten Bangka.

BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 2022. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam Angka 2021. Pangkalpinang: Badan Pusat Statitsik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Effendi, M., Juita, F., dan Elkana, V. 2021.Peran Penyuluh Pertanian Lapangan terhadap Tingkat Kepuasan Petani di Wilayah Kerja Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Barong Tongkok. Jurnal Pertanian Terpadu, Volume 9 Nomor 1.

Firdaus, Muhammad. 2019. Ekonometrika: Suatu Pendekatan Aplikatif. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Frida, F. 2021. Keputusan Petani dalam Penerapan Sistem Integrasi Sapid dan Kelapa Sawit (SISKA) di Kelurahan Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah. Skripsi, Universitas Bangka Belitung.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multvariate Dengan Program IBM SPSS 23. EDISI 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Gusti, IM, Gayatri, S. dan Prasetyo, AS. 2021. Pengaruh Umur, Tingkat Pendidikan, dan Lama Bertani terhadap Pengetahuan Petani Mengenai Manfaat dan Cara Penggunaan Kartu Tani di Kecamatan Parakan. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 19 (2): 209-221.

Hertanto. 2011. Sukses Besar Belajar Budidaya Kelapa Sawit. Yogyakarta: Penerbit Citra Media.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Pustaka Setia.

Novianry, C. 2018. Ingin menjadi Petani Penggarap, Manajer, atau Manusia Biasa. Artikel, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Berau. https://www.stiperberau.ac.id/ingin-menjadi-petani-sebagai-penggarap-manajer-atau-manusia-biasa/(Diakses pada Kamis, 21 April 2022)

Nurhasanah, Siti. 2016. Praktikum Statistika 2: Untuk Ekonomi dan Bisnis, Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Nurhasanah, Siti. 2017. Praktikum Statistika 1: Untuk Ekonomi dan Bisnis, Cetakan Kedua. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Nurmayasari, A., Viantimala, B., Gultom, DT., Yanfika, H., dan Mutolib, A. 2020. Partisipasi dan Kepuasan Petani terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian di Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Mimbar Agribisnis, Volume 6 Nomor 1.

Rokhim, AB. 2021. Peran Kelompok Tani dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Sawit di Desa Marga Mulia Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat. Skripsi, Universitas Sriwijaya.

Simatupang. Abdul Haris. 2017. Kepuasan Petani dalam Kegiatan Penyuluhan di Wilayah Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara.Agrica Ekstensia. Vol. 11 No. 2 November 2017: 25-34

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suhartanto, D. 2014. Metode Riset Pemasaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syam, DF. 2021. Kualitas Pelayanan Penyuluh Pertanian pada Kelompok Tani di Balai Penyuluh Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.33512/jat.v17i1.21630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sudi Irawan, Rostiar Sitorus, Novyandra Ilham Bahtera

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office

Jurnal Agribisnis Terpadu

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Palka KM. 03 Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang,

Provinsi Banten 42163 Telp. (0254) 3204321

Email: [email protected]