Perbandingan Pendapatan Usahatani Paprika pada Petani Anggota dan Nonanggota Kelompok Tani di Desa Pasirlangu Kecamatan Cisarua, Bandung Barat

Arif Rahmat, Dahlia Nauly

Abstract


Desa Pasirlangu merupakan salah satu sentra produksi paprika di Kecamatan Cisarua, Bandung Barat. Petani di desa tersebut menghadapi masalah mahalnya biaya produksi terutama biaya benih dan pupuk. Petani yang tergabung dalam kelompok tani mendapatkan kemudahan dalam pembelian saprodi dan pemasaran, namun tidak semua petani mau bergabung dalam kelompok tani. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan karakteristik, pendapatan dan efisiensi pendapatan usahatani paprika pada anggota dan nonanggota kelompok tani di Desa Pasirlangu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 sampai dengan bulan Juni 2023. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Responden pada penelitian ini berjumlah 40 orang yang terdiri dari  20 orang petani anggota dan 20 orang petani non anggota kelompok tani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan total yang diterima petani anggota kelompok tani lebih besar dibandingkan dengan nonanggota. Pendapatan total yang diperoleh petani paprika anggota kelompok tani sebesar Rp45.935.723 sedangkan pendapatan total yang diperoleh petani paprika nonanggota kelompok tani sebesar Rp30.996.351. Efisiensi pendapatan usahatani paprika pada petani anggota kelompok tani lebih besar dibandingkan petani nonanggota. Nilai rasio R/C atas biaya total pada petani anggota kelompok tani sebesar 1,90 sedangkan pada petani nonanggota sebesar 1,59.


Keywords


Efisiensi, Kelompok Tani, Paprika, Pendapatan, Usahatani

Full Text:

PDF

References


Fadholi, H. 1988. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya.

Firas, F. 2013. Analisis Resiko Produksi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Paprika Hidroponik (Studi Kasus Kelompok Tani Paprika Dewa Family, Desa Pasirlangu Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Skripsi. Departemen Agribisnis. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Gunadi, N., Moekasan, T., Prabaningrum L, De Putter H, dan Everaarts A. 2006. Budidaya Tanaman Paprika (Capsicum annuum var. grossum) di dalam Rumah Plastik. Balai Penelitian Tanaman Sayuran Lembang.

Hidayanti, C. S. 2021. Analisis Efisiensi Ekonomi Usahatani Paprika di Desa Pasirlangu Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Skripsi. Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Kartika, M. 2018. Proses Pemanenan Paprika (Capsicum annuum var. Tribeli di Greenhouse, De Lier, Belanda Selatan, Belanda. Buletin Agrohorti, Vol. 6, No (3): 372–381.

Nadhwatunnaja, N. 2008. Analisis Pendapatan Usahatani dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Paprika Hidroponik di Desa Pasirlangu Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung. Program Sarjana Ekstensi Manajemen Agribisnis. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Novitaningsih, T., Santoso, I., dan Setiadi, A. 2018. Analisis Profitabilitas Usahatani Padi Organik di Paguyuban Al-Barokah Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Mediaagro, 14(1).

Puspitasari, D. 2013. Analisis Efisiensi Teknis dan Pendapatan Usahatani Paprika Hisroponik di Desa Pasirlangu Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Institut Pertanian Bogor.

Ramadhan, A. 2013. Analisis Resiko Produksi Cabai Paprika di Kelompok Tani Dewa Family Desa Pasirlangu, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Skripsi. Departemen Agribisnis. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Sobari, E. 2015. Analisis Usaha Pada Bangunan Greenhouse Dengan Sistem Drip Irrigation. Graha Ilmu.

Soekartawi. 2016. Analisis Usahatani. UI Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33512/jat.v17i1.22752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Arif Rahmat, Dahlia Nauly

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office

Jurnal Agribisnis Terpadu

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Palka KM. 03 Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang,

Provinsi Banten 42163 Telp. (0254) 3204321

Email: agribisnis@untirta.ac.id