UPAYA PENGEMBANGAN AGRIBISNIS DAN PEMASARAN TOMAT PADA KAWASAN AGROPOLITAN Suatu Kasus Pada Petani Di Kawasan Agropolitan Di Kabupaten Cianjur

Ida Marina

Abstract


Penelitian ini mengenai upaya pengembangan agribisnis dan pemasaran produk tomat yang dilakukan di kawasan agropolitan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Jumlah Responden yang dijadikan sampel sebanyak 31 orang. Hasil penelitian mengenai upaya pengembangan agribisnis dan pemasaran produk tomat pada kawasan agropolitan menunjukan bahwa : Upaya pengembangan agribisnis dilakukan melalui subsistem usahatani melalui kegiatan produksi : penggunaan benih, pemupukan, panen, dan pasca panen Sedangkan pemasaran tomat dilihat dari : akses pemasaran, saluran pemasaran serta transportasi dan harga jual. Upaya pengembangan agribisnis dan pemasaran produk tomat di kawasan agropolitan masih terkendala beberapa hal yaitu; belum ada jaminan harga pada saat produk tomat melimpah, sistem produksi yang belum dapat mengimbangi permintaan, pengelolaan kawasan agropolitan yang belum mendapat perhatian khusus dan sarana transportasi yang tidak mendukung karena masih banyak jalan yang tidak layak dilewati untuk pengangkutan barang.


Keywords


Kata Kunci:upaya pengembangan agribisnis, pemasaran, agropolitan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33512/jat.v9i2.2495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ida Marina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office

Jurnal Agribisnis Terpadu

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Palka KM. 03 Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang,

Provinsi Banten 42163 Telp. (0254) 3204321

Email: agribisnis@untirta.ac.id