Persepsi Konsumen terhadap Sop Durian di Cafe Durian Woke Serang

Ghea Aisyah Fernanda, Gugun Gunawan, Sulaeni Sulaeni, Aris Supriyo Wibowo, Ari Tresna Sumantri

Abstract


Terjadi penurunan penjualan produk sop durian di Cafe Durian Woke. Penurunan ini mengindikasikan adanya persaingan yang ketat dan perbedaan persepsi konsumen terhadap produk sop durian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen dan menganalisis persepsi konsumen terhadap sop durian di Cafe Durian Woke Serang. Atribut produk yang digunakan adalah harga, rasa, aroma, porsi, dan merek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan analisis data yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil penelitian, karakteristik responden dalam persepsi konsumen terhadap sop durian di Cafe Durian Woke adalah sebagian besar konsumen membeli dan mengkonsumsi sop durian di cafe durian woke berdasarkan jenis kelamin perempuan dengan persentase sebesar 86%, berdasarkan usia yaitu 17-26 tahun dengan persentase sebesar 38%, berdasarkan tingkat pendidikan terakhir yaitu sma dengan persentase sebesar 72%, berdasarkan status pekerjaan yaitu ibu rumah tangga dengan persentase sebesar 44%, dan berdasarkan pendapatan yaitu <rp 1 juta dengan persentase sebesar 54%. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan metode ipa, persepsi konsumen terhadap sop durian berdasarkan atribut produk yang terdapat pada kuadran I (prioritas utama) yaitu porsi. Atribut selanjutnya yang termasuk dalam kuadran II (pertahankan prestasi) yaitu harga dan rasa. Atribut yang termasuk dalam kuadran III (prioritas rendah) adalah merek dan aroma. Pada kuadran IV (berlebihan) tidak terdapat atribut sop durian.

Keywords


: Persepsi Konsumen, Karakteristik Konsumen, Importance- Performance Analysis (IPA)

Full Text:

PDF

References


Firmansyah, D. M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish.

Hakim, S., Suroso, E., Nurainy, F., & Hidayati, S. (2022). Analisis tingkat kepentingan dan kinerja atribut teh pucuk harum siap minum di Universitas Lampung. Jurnal Agroindustri Berkelanjutan, 1(1), 53-60.

Indrasti, D., & Siliyya, F. (2021). Atribut Minuman Teh Kemasan Siap Minum yang Memengaruhi Persepsi Konsumen di Kabupaten Tegal. Jurnal Mutu Pangan : Indonesian Journal of Food Quality, 8(2), 70–79.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, (2022). Siaran Pers–Kemenperin: Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 3,57% di Kuartal III 2022. https://kemenperin.go.id/artikel/23696/Kemenperin:-Industri-Makanan-dan-Minuman-Tumbuh-3,57-di-Kuartal-III-2022. [12 Oktober 2023]

Lodhita, Heru Eka. (2014). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode IPA (Importance Performance Analysis) Dan CSI (Customer Satisfaction Index) Studi Kasus Pada Toko Oen, Malang. Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian: Universitas Brawijaya.

Pratiwi, I. W. (2018). Implementasi Importance-Performance Analysis (IPA): Analisis Preferensi Konsumen Muda Mie Setan Malang (Studi Kasus Pada Konsumen Muda Mie Setan Di Kota Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya. Malang.

Rahyuni, Noer, M., & Yusmarni. (2020). Analisis Persepsi Konsumen Beras di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Journal of Socio Economics on Tropical Agriculture, 2(3), 199–209.

Resma, S. P., (2013). Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Keripik Mang Ampung Dengan Metode Importance Performance Analysisdan Customer Satisfaction Index. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri Pertanian. Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

Sa’diah, E. L., Ifdal, & Analia, D. (2023). Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Beras Organik Di Pasabaru (Fresh Market) Padang. Journal of Integrated Agribusiness, 5(1), 20–27.

Tarehy, J. F., & Nuswantara, B. (2021). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Di Kalimera Coffee Bar Salatiga. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 8(3), 752-761.

Yola, M., & Budianto, D. (2016). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk pada Supermarket dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Optimasi Sistem Industri, 12(1),301–30




DOI: http://dx.doi.org/10.33512/jat.v17i2.29233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ghea Aisyah Fernanda, Gugun Gunawan, sulaeni sulaeni, Aris Supriyo Wibowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office

Jurnal Agribisnis Terpadu

Jurusan Agribisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Palka KM. 03 Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang,

Provinsi Banten 42163 Telp. (0254) 3204321

Email: [email protected]