Evaluasi Penggunaan Angkutan Umum Perkotaan Di Kota Malang ( Trayek Arjosari – Tidar / AT)

Rifky Aldila Primasworo, Blima Oktaviastuti, Ronaldus Winarso Madun

Abstract


Angkutan umum penumpang di Kota Malang disebut angkot adalah salah satu sarana transportasi yang digunakan masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari, namun angkutan ini semakin tidak diminati masyarakat akibat rendahnya tingkat pelayanan, sehingga masyarakat banyak menggunakan kendaraan pribadi. Untuk itu adakalanya perencana memerlukan evaluasi kembali  kinerja angkutan kota untuk memenuhi nilai standar Dinas Perhubungan Darat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja dan kepuasan penggunaan  angkutan umum, produktivitas angkutan umum, dan membuat solusi alternatif terkait dengan hasil evaluasi kinerja dan kepuasan penggunaan angkutan umum. Dalam penelitian ini indikator kinerja angkutan umum yang dinilai adalah load factor, kecepatan perjalanan, headway, waktu perjalanan, waktu pelayanan, frekuensi, waktu tunggu, jumlah kendaraan yang beroperasi, dan juga indikator kepuasaan penggunaan yang dinilai adalah bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Indikator – indikator tersebut diperoleh dari hasil survei dinamis dan survei statis. Dari hasil evaluasi standar pelayanan angkutan umum menurut Dirjen Perhubungan Darat,  kinerja angkutan umum trayek Arjosari – Tidar adalah termasuk kategori sedang. Kepuasan pengguna yang memiliki layanan dengan tingkat kepentingan tingakat kepentingan tinggi dan kinerja rendah adalah terdapat 4 faktor, sedangkan 14 faktor lainnya memiliki layanan dengan tingkat kepentingan dan kinerja baik / tinggi. Produktivitas angkutan umum trayek Arjosari – Tidar adalah sebesar 51 pnp / hari – kend. Berdasarkan hasil evaluasi, solusi alternatif  yang diberikan adalah peningkatan kinerja pelayanan dilakukan dengan memperbaiki pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan Dinas Perhubungan Darat, serta didukung standar pelayanan khususnya pelayanan angkutan kota

Keywords


evaluasi, kinerja pelayanan, angkutan umum.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andriansyah. 2015. “Manajemen Transportasi Dalam Kajian Dan Teori.” 13.

BPS Kota Malang. 2019. Badan Pusat Statistik Kota Malang.

Candra, Julio. 2016. “Angkutan Umum Penumpang.”

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. 2002. Panduan Pengumpulan Data Angkutan Umum Perkotaan. Jakarta.

Hefrianto, Tomy. 2008. Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Bus Transjakarta Rute Ragunan - Kuningan (Koridor IV). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Johannes, S. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Latu, Travite M., and André M. Everett. 2000. Review of Satisfaction Research and Measurement Approaches.

Morlok, E, K. 1978. Terjemahan Oleh Johan Kenala Putra Hainim 1985. Jakarta: Erlangga.

Marsudi, Ismiyati, and Y. I. Wicaksono. 2006. “Analisis Kinerja Mobil Penumpang Umum (Mpu) Dan Sistem Jaringan Trayek Di Kota Salatiga.” 15(September):107–17.

Prakosa,W, R. 2016. “Evaluasi Kebutuhan Angkutan Umum Penumpang Kota Malang (Studi Kasus Rute Arjosari - Tidar).” Doktoral Dissertation, University of Muhammadiyah Malang.

Senja Kala Moda Transportasi Konvensional di Kota Malang - kumparan. (n.d.).

Warpani, S. 1990. Merencanakan Sistem Perangkutan. ITB.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/fondasi.v0i0.10561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft