Pemetaan Konsistensi Tanah Menggunakan Sistem Informasi GeografisBerdasarkan Nilai Uji PenetrasiKerucut (CPT)

Meissy Pratiwi, Ferra Fahriani, Roby Hambali

Abstract


Sebagai ibu kot aprovinsi, perkembangan infrastruktur di Kota Pangkalpinang cukup signifikan. Kajian pemetaan konsistensi tanah berdasarkan nilai CPT sangat diperlukan untuk menyediakan informasi spasial konsistensi tanah di Kota Pangkalpinang agar identifikasi awal dalam perencanaan suatu pekerjaan bangunan dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kedalaman tanah keras, klasifikasi tanah dan konsisitensi tanah berdasarkan data CPT di Kota Pangkalpinang.  Pada penelitian ini digunakan data sekunder berupa data CPT, peta administrasi dan peta DEM Kota Pangkalpinang. Data CPT yang digunakan berjumlah 77 titik yang tersebar pada 22 lokasi di Kota Pangkalpinang.Metode interpolasi spasia lyang digunakan pada penelitian  ini adalah metode IDW (Inverse Distance Weighted) yang telah terintegrasi pada perangkat lunak ArcGIS 10.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kedalaman tanah keras di Kota Pangkalpinang berdasarkan nilai tahanankonus(qc)berkisarantara 1.8 m – 21.6 m. Elevasitanahkerastertinggidengan interval sebesar 12.38 – 21.60 mdpl, sementara lokasi dengan elevasi tanah keras terdalam   terletak di TangkiTimbun (KecamatanPangkalbalam) dengan interval elevasisebesar -16.04 – (-10.21) mdpl. Klasifikasi tanah berdasarkan korelasi antara nilai rasio gesekan(FR) dengan nilai tahanan konus(qc) pada kedalaman tanah yang ditinjau terdiri dari pasir, pasirberlanau, lanauberpasir dan lanau, lempungberlanau, dan gambut. Kosistensitanah di Kota Pangkalpinang berdasarkan nilai tahanan konus(qc) pada kedalamantanahyang ditinjauadaempat,yaituagakpadat, padat, keras(hard), dan sangatpadat.

   

Keywords


Cone Penetration Test, Sistem Informasi Geografis, klasifikasi tanah, konsistensi tanah

Full Text:

PDF

References


Yanto, F.H., “SistemInformasiGeografisBerbasis Data CPT DenganBantuan ArcGIS 9.2,”Tugas Akhir Teknik Sipil Universitas SebelasMaret, Surakarta.2012,

A’an, A., Priadi, E., dan Purwoko, B., “PemetaanKonsistensi Tanah Berdasarkan Nilai Sondirdi Kota Pontianak,”Jurnal Teknik Sipil UNTAN.2012.

Eriyanto, D., Priadi, E., dan Purwoko, B., “PemetaanKonsistensi Tanah Berdasarkan Nilai N-SPT Di Kota Pontianak,”Jurnal Teknik Sipil UNTAN.2017.

Achmad, F., “PemetaanKapasitasDukung Tanah Berdasarkan Data Sondir Di Kota Gorontalo,”LaporanPenelitian Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.2012.

Surakhmad, A., “SistemInformasiGeografisBerbasisKepadatan Tanah Berdasarkan Nilai Tahanan Ujung Konus (qc) Di KabupatenSukoharjo,”Tugas Akhir Teknik Sipil Universitas SebelasMaret, Surakarta.2017.

Bowles, J.E., “Analisis dan Desain Pondasi,”Jilid 1, Edisi ke-4, Silaban, P., PenerbitErlangga,Jakarta.1998.

Sartohadi. J., dkk, “PengantarGeografi Tanah,”Cetakankedua, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.2013.

SNI 2827:2008, “Cara uji penetrasilapangandenganCPT,” Badan Standardisasi Nasional. 2008.

Hardiyatmo, H.C., “Mekanika Tanah I,”Edisi ke-3, Gadjah Mada University Press,Yogyakarta.2002.

Syam’ani, “Membangun Basis Data SpasialMenggunakan ArcGIS 10.3,”LambungMangkurat University Press, Banjarmasin.2016.

Gimond, M., “Intro to GIS and Spatial Analysis,” https://mgimond.github.io/Spatial/spatial-interpolation.html, diaksestanggal 7 Januari 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/fondasi.v10i1.10606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft