Analisis Pemilihan Rute Perjalanan Rangkasbitung – Serang Terhadap Jalan Tol Serang Panimbang

Arief Budiman, Dwi Esti Intari, Woelandari Fathonah, Rindu Twidi Bethary, Syarifudin Syarifudin

Abstract


Pemilihan Rute Perjalanan yang baik mampu mengefisiensi jarak, waktu tempuh dan biaya perjalanan yang di butuhkan. Dalam pemilihanrute perjalanan ini, analisis data di dapat dari persepsi pengguna jalan dan masyarakat, analisis ini nantinya akan di hitung menggunakan metode Stated Preference. Metode ini menunjukan jumlah semua pendekatan - pendekatan yang berbeda dengan menggunakan pernyataan-pernyataan individu tentang bagaimana mereka merespon situasi yang berbeda, melalui pendekatan control siste ekonomi yang dibuat dengan mengadakan hipotesis situasi perjalanan, yang mengaju pada pendapat responden memalui alternatif pilihan yang telah di buat.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui karakterisrik pelaku perjalanan dari masyarakat Rangkasbitung  dalam berkendara menuju kota Serang dan Melakukan Permodelan Pemilihan Rute Perjalanan berdasarkan Karakteristik dan analisa regresi linier yang menyatakan probabilitas individu dalam memilih rute serta Menganalisis Preferensi Pemilihan Rute dari Masyarakat Rangkasbitung terhadap jalan Tol Rangkasbitung – Serang.

Hasil yang didapatkan bawah waktu menjadi faktor utama yang menentukan pilihan masyarakat dengan presentase sebesar 39,2% dan keamanan menjadi faktor kedua dengan presentase 16%,  dua hal ini menjadi prioritas masyarakan dalam memilih rute perjalanan, dan Jalan Tol menjadi pilihan utama mayoritas responden karna pelayanannya dengan presentase sebesar 79,4%.

 

Keywords


Pemilihan Rute Perjalanan, Stated Preference

Full Text:

PDF

References


C. E. L. Masinambow et al., “Karakteristik Pelaku Perjalanan Dalam Memilih Rute ?? Studi Kasus : Jl. Manado - Airmadidi,” Tekno, vol. 16, no. 69, pp. 37–41, 2018.

I. P. Evaluation, D. Intersection, A. T. Concourse, B. Arterial, and R. O. F. Medan-kualanamu-tebing, “Analisis Pemilihan Rute Perjalanan Medan – Tebing Tinggi,” no. March, 2019.

O. Z. Tamin, “Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, edisi kedua,” Bandung Penerbit ITB, 2000.

M. P. U. R. Indonesia, “Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol.” Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor, 2014.

K. P. P. I. Prioritas, “Framework Pembangunan Infrastruktur Indonesia,” 2015.

B. P. S. K. Lebak, “Lebak Dalam Angka 2010,” Katalog BPS, vol. 1403, 2010.

F. Miro, Perencanaan transportasi: untuk mahasiswa, perencana, dan praktisi. Penerbit Erlangga, 2005.

S. Kikuchi and P. Chakroborty, “Place of possibility theory in transportation analysis,” Transp. Res. Part B Methodol., vol. 40, no. 8, pp. 595–615, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/fondasi.v10i1.10623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft