SI DUDUNG (Sistem Drainase Hijau dan Unggul) Sebagai Solusi Banjir Kota Serang Banten

Restu Wigati, Ngakan Putu Purnaditya, Rifky Ujianto, Fahrus Sabri, Sarrobi Kamal, Graciela Febriyanti Zulfa

Abstract


Kota Serang merupakan ibukota Provinsi Banten yang dihuni oleh 666.600 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk sebesar 2499 jiwa/km2 pada tahun 2017. Seiring pertumbuhan penduduk dan meningkatnya perkembangan infrastruktur di Kota Serang mengakibatkan terjadinya penyempitan lahan resapan air, terlebih lagi buruknya kondisi drainase yang ada membuat kota ini menjadi langganan banjir. Salah satu solusi penanggulangan banjir dengan mengaplikasikan sistem drainase yang berkelanjutan melalui konsep manajamen air limpasan untuk meningkatkan kapasitas resapan. SI DUDUNG adalah sebuah konsep sistem drainase berkelanjutan yang sesuai dengan karakteristik jalan yang ada di Kota Serang. Penelitian ini mengkaji data hidrologi menggunakan Metode Rasional yang akan menghasilkan kombinasi serta desain permodelan SI DUDUNG yang cocok diaplikasikan di Kota Serang. Hasil air penampungan SI DUDUNG ini juga dapat dimanfaatkan dan dikelola lebih lanjut sebagai sumber air pada teknologi penyiram tanaman otomatis bagi pohon dan tanaman yang berada di median jalan maupun jalur hijau daerah manfaat jalan. Dengan aplikasi SI DUDUNG ini, air limpasan yang ada di jalan dapat lebih mudah penyerapannya dan lebih dioptimalisasi penggunannya sehingga dapat menjadi solusi banjir yang kerap terjadi di Kota Serang.

 

Keywords


banjir, drainase berkelanjutan, resapan

Full Text:

PDF

References


Listiawati, Adhitia. 2016. Implementasi Peraturan Daerah Kota Serang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Serang Tahun 2010-2030 (Studi Kasus Pasal 17 Sistem Prasarana Drainase dan Pedestrian) [Skripsi]. Serang (ID): Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Astuti, Desyi, dkk. Analisis Kolam Retensi Sebagai Pengendlian Banjir Genangan di Kecamatan Payung Sekaki. Jurnal Online Mahasiswa FT Universitas Riau. Volume 3 No.1 Februari 2016. 1-14.

Harmani, Evy & Soemantoro. 2015. Kolam Retensi Sebagai Alternatif Pengendaki Banjir. Jurnal Teknik Sipil Unitomo. 1(1):73-80.

Ilham, Khairul. Alat Penyiraman Tanaman Otomatis Berdasarkan Waktu dan Kelembaban Tanah Berbasis Mikrokontroler Atmega328 [Skripsi]. Medan (ID): Universitas Sumatera Utara.

Sri Harto BR. (2000). Hidrologi (Teori, masalah, penyelesaian). Nafiri Offset.

Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Andi. Yogyakarta.

Wahyuni, Asriati. 2016. Analisis Kurva Intensitas Durasi Frekuensi (IDF) Dalam Desain Kolam Retensi dan Detensi [Skripsi]. Cilegon (ID): Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Departemen Pekerjaan Umum. Tata Cara Pembuatan Kolam Retensi dan Polder dengan Saluran- saluran Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/fondasi.v10i1.10625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft