ANALISA ABILITY TO PAY DAN WILLINGNESS TO PAY PENGGUNA JASA ANGKUTAN UMUM (STUDI KASUS PERUM DAMRI)

Nuraida Wahyuni, Hadi Setiawan

Abstract


Banten merupakan provinsi di Pulau Jawa yang memiliki pertumbuhan yang pesat.Kota Cilegon merupakan kota yang memiliki kawasan industri terbesar di Banten. Terlebih lagi Banten memiliki Bandara Soekarno Hatta sebagai bandar udara internasional yang menjadikan provinsi ini seakan tidak pernah tidur dengan berbagai aktifitas. Sebagai titik yang memiliki kepadatan aktifitas yang cukup tinggi, sistem transportasi darat khususnya angkutan umum sangat penting dan diperlukan oleh masyarakat Banten. Bus kota merupakan salah satu angkutan umum yang banyak digunakan oleh masyarakat Banten. Sebagai penyedia jasa angkutan umum, Perum Damri merupakan satu-satunya penyedia bus yang memiliki trayek langsung menuju kedua tempat tersebut. Saat ini, tarif yang berlaku adalah Rp 45.000,00 pada trayek Cilegon–Bandara Soekarno-Hatta dan Perum Damri merencanakan untuk menaikan tarif pada trayek tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ability to pay dan willingness to pay pengguna jasa angkutan umum bus Damri pada trayek cilegon – Bandara Soekarno-Hatta yang nantinya dapat menjadi bahan pertimbangan Perum Damri dalam menaikan tarif.Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah ability to pay dan willingness to pay. Dari data yang telah diolah, diperoleh ability to pay sebesar Rp 77.042,00 dan nilai willingness to pay sebesar Rp 45.981,00. Jika ingin menaikan tarif tanpa adanya perbaikan pelayanan, Perum Damri disarankan untuk menaikan tarif sampai batas nilai willingness to pay. Sedangkan jika ada perbaikan tingkat pelayanan, Perum Damri memiliki keleluasaan dalam menaikan tarif sampai batas nilai ability to pay pengguna jasa bus Damri


Keywords


Tarif, Ability To Pay, Willingness To Pay

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v4i2.1234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft