Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Lentur Menggunakan Metode PCI (Pavement Condition Index) dan Metode Bina Marga (Studi Kasus: Jl. Raya Cibaliung-Sumur)

Rindu Twidi Bethary, Arief Budiman, Adis Hadiyarsih

Abstract


Jalan Raya Cibaliung – Sumur merupakan Jalan Nasional Kolektor Primer kelas III. Perkembangan pembangunan dan ekonomi yang tidak lepas dari prasana jalan pada daerah ini menyebabkan meningkatnya angkutan barang dan jasa. Hal ini berdampak pada menurunnya tingkat pelayanan jalan yang ditandai dengan adanya kerusakan lapisan perkerasan jalan. Selain karena banyak kendaraan berat yang berlebih (overload), kerusakan juga timbul karena kondisi drainase yang kurang baik. Maka dari itu diperlukannya studi untuk mengetahui nilai kondisi kerusakan jalan serta bentuk penanganan pada ruas jalan tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode PCI (Pavement Condition Index) dan metode Bina Marga. Penelitian ini dilakukan sepanjang 2000 m dengan membaginya menjadi beberapa unit sample dengan ukuran 50 m x 5,5 m. Pengambilan data dilakukan dengan cara survey visual yaitu dengan mencatat jenis kerusakan, tingkat kerusakan, serta dimensi kerusakannya, juga melakukan survey kondisi LHR (Lalu Lintas Harian) untuk mengetahui nilai kondisi lalu lintas pada ruas jalan tersebut. Dari hasil penelitian, jenis kerusakan yang ada pada ruas jalan Cibaliung-Sumur adalah Retak Kulit Buaya (76,50%), Lubang (12,67%), Tambalan (7,90%), dan Patah slip (2,92%). Hasil analisa menggunakan metode PCI menghasilkan nilai 20 dimana hasil ini menunjukan bahwa jalan ini termasuk dalam klasifikasi jalan yang sangat buruk (very poor). Sedangkan menurut hasil analisa metode Bina Marga, diperoleh urutan prioritas 12 (urutan prioritas > 7) dimasukan kedalam urutan prioritas A dimana jalan ini perlu program pemeliharaan rutin.


Keywords


perkerasan lentur, bina marga, pavement condition index, kerusakan jalan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Wandila D.A, “Analisis Kondisi Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus Jalan Raya Malingping – Bayah)”. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2017.

Karmawireja, H.M “Evaluasi Kinerja Pelayanan Jalan Provinsi Antara Majalaya – Cijapati”, Sekolah Tinggi Teknologi Mandala, 2020.

Hidayat, R.S, “Kajian Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Metode PCI (Pavement Condition Index) pada Ruas Jalan Ir. Sutami Kota Probolinggo, Universitas Dr. Soetomo, 2018.

Rondi Mochamad, “Evaluasi Perkerasan Jalan Menurut Metode Bina Marga dan Metode PCI (Pavement Condition Index) serta Alternatif Penanganannya (Studi Kasus: Ruas Jalan Danitris Blulukan-Tohudan Colomadu”, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018

Ramli, et al, “Evaluasi Perkerasan jalan dengan menggunakan metode Pavement Condition index (PCI) (Studi kasus Ruas Jalan Beureuneun – Batas Keumala)”, Universitas Syiah Kuala, 2018.

Departemen Pekerjaan Umum, “Perbaikan Standar Untuk Pemeliharaan Rutin Jalan (Review tahun 1995)”, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta, Indonesia, 2011

Hardiyatmo, H.C. Pemeliharaan Jalan Raya, Gajah Mada University, Yogyakarta, 2009.

Shanin, M. Y. (1994), Pavement Management for Airport, Road, and Parking Lots, Chapman & Hall, New York.

Sukirman, S. (1992), Perkerasan Lentur Jalan Raya, Badan Penerbit Nova, Bsndung, Indonesia.

Tenriajeng, Andi Tenrisukki. (2002), Rekayasa jalan raya 2, Gunadarma, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/fondasi.v10i2.12441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft