Penggunaan Limbah Slag Nikel Untuk Material Jalan Ramah Lingkungan

Rindu Twidi Bethary, Dwi Esti Intari

Abstract


Pembaharuan dan penggunaan limbah merupakan salah satu isu yang cukup penting dewasa ini terkait dengan pembangunan jalan ramah lingkungan dan berkelanjutan, dimana penggunaan agregat alam sebagai material infrastruktur jalan menyebabkan ketersediannya semakin berkurang, sehingga dibutuhkan material alternatif salah satunya adalah slag nikel. Produksi nikel yang semakin meningkat berbanding lurus dengan produksi slag nikel sebagai produk limbah dari pengolahan nikel. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan pengendalian kinerja campuran beraspal dengan menggunakan slag nikel pada lapisan perkerasan Laston lapis antara (AC- BC). Pengujian yang dilakukan antara lain karakteristik sifat fisik dari material yang digunakan yaitu aspal, agregat dan slag nikel, kemudian untuk sifat kimiawi dan mineral dari slag nikel dilakukan pengujian pengujian X-ray fluorescence spectrometry (XRF), X-ray diffraction (XRD) dan Scanning Electron Microscope (SEM). Sedangkan metode empiris dengan pengujian Marshall mengacu pada ketentuan sifat-sifat campuran Laston lapis antara (AC-BC) Spesifikasi Umum Jalan dan Jembatan Bina Marga Tahun 2018 dan untuk metode mekanistiknya berdasarkan pengujian modulus resilien dengan alat UMATTA. Slag nikel dikategorikan sebagai limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) sehingga dibutuhkan pengujian untuk mengetahui kandungan zat berbahaya. Salah satu cara adalah dengan uji Toxicity Characteristic Leaching Procedure (TCPL) dari pengujian yang dilakukan nilainya lebih kecil dan memenuhi persyaratan begitu pula hasil pengujian karakteristik fisik slag nikel memenuhi persyaratan yang digunakan dalam material konstruksi jalan. Sehingga slag nikel ini merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk material konstuksi jalan ramah lingkungan.


Keywords


slag nikel, TCLP, ramah lingkungan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Affandi, F., dan Kusnianti, N. (2013): Kinerja Perkerasan Campuran Beraspal Hangat Yang Mendukung Pembangunan Berwawasan Lingkungan, Konferensi Regional Teknik Jalan (KRTJ) 12, 1, Bandung.

Bethary RT, Subagio BS, Rahman H. Campuran Beraspal Menggunakan Reclaimed Asphalt Pavement dan Agregat Slag Baja. J Transp. 18(2):117–26.

Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Peluang Investasi Nikel Indonesia, 2020.

Iwan Susanto dan Dani Hamdani. Pemanfaatan Limbah Slag Nikel Sebagai Bahan Perkerasan Jalan, Bineka, Oktober 2020.

Kementrian Perindustrian. Kemenperin Angkat Potensi Slag Nikel Jadi Bahan Baku Industri, 2020.

Putra DM, Nasrul, Ngii E. Potensi Slag Nikel Halus (Feni4) PT Antam Pomalaa Sebagai Agregat Halus Pada Campuran Beraspal. STABILITA.2020;8:11–20.

Edward Ngii. Perbandingan Kinerja Filler Slag Nikel Dengan Kapur Padaman Dalam Campuran Hot Rolled Sheet (HRS). Metropilar, Volume 6, Nomor 1, 2008.

Vieta Oktavianna Arkos Syahputri Ressang, Edward Ngii dan Nasrul. Pengaruh Penggunaan Filler Slag. STABILITA, Jurnal Teknik Sipil. Volume 8, Nomor 2, Juni 2020.

Andi Batari Angka dan Kushari. Slag Nikel Sebagai Bahan Subtitusi Pada Karakteristik Campuran AC-Base. Prosiding Seminar Hasil Penelitian (SNP2M). pp 89-94, 2017.

Utami Arruantasik Demmalino, Cyntia Sielviana Widya Lambe, Alpius, dan Rais Rachman. Pengujian Slag Nikel Sebagai Pengganti Agregat Pada Campuran HRS-Base. Paulus Civil Engineering Journal. Volume I No.2, 06, Desember 2019.

Syaharuddin, St. Maryam Hafram, dan Andi Alifuddin. Pengaruh Variasi Slag Nikel Sebagai Bahan Tambah Agregat Halus pada Campuran Lapisan Aspal Beton. Jurnal Teknik Sipil MACCa, Vol 6, No 2, Juni 2021.

Asphalt Institute, 1983, Principles of Construction of Hot Mix Asphalt Pavement, The Asphalt Institute.

Hardiyatmo, Hary, C., (2011), Perancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Wijaya R, Astutiningsih S. Studi Literatur Potensi Pemanfaatan Terak Nikel (Slag Nikel) sebagai Agregat pada Mortar dan Beton. J Teor dan Terap Bid Rekayasa Sipil. 2021;9(85):93–100.

Jalali NA, Salim A. Agregat Halus Slag Nikel Sebagai Pengganti Sebagian Pasir Pada Beton. Pros Semin Has Penelit.2018;2018:142–7.

Gunawan G, Prananda IA. Potensi Pemanfaatan Limbah B3 Sebagai Material Konstruksi Jalan. Bineka.2020;1:12–9.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/fondasi.v0i0.14473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft