Pengaruh Pemicu Internal dan Pemicu Eksternal Strategi Supply Chain Management (SCM) Terhadap Perusahaan Precast

Andi Madeppungeng, Dwi Novi Setiawati, Jefri Murtiadi

Abstract


Supply chain management diperlukan dalam sebuah perusahaan karena bertujuan agar perusahaan tetap dapat bersaing dengan keunggulan yang kompetitif. Persaingan harus selalu diperhatikan oleh perusahaan, sehingga perusahaan harus memiliki strategi rantai pasok untuk memenangkan persaingan pasar. Daya saing perusahaan juga salah satu cara untuk mencapai tujuan kinerja yang diinginkan. Agar perusahaan dapat bertahan dan mampu bersaing serta memiliki kinerja perusahaan yang baik, maka bisa di dukung dengan penggunaan supply chain management dalam perusahaan.

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi supply chain management terhadap perusahaan precast, menganalisis pengaruh pemicu internal supply chain management terhadap perusahaan dan menganalisis pengaruh pemicu eksternal supply chain management terhadap perusahaan. Data diperoleh dari hasil kuesioner terhadap perusahaan precast di Bojonegara dengan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan untuk analisa menggunakan  bantuan  program Smart PLS 3.2.8 (30 Day Trial).

Hasil dari penelitian ini menunjukan pemicu internal dan eksternal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Supply Chain Management yang ditunjukkan dengan nilai (0,37, 0,85, dan 0,62) dan  nilai p-value masing-masing bernilai ≤0,05. Hasil nilai R squared yang dihasilkan dalam penelitian juga sebesar 0,98 yang termasuk dalam kriteria model kuat (≤0,70).


Keywords


Supply Chain Management, SCM, PLS, Structural Equation Modeling (SEM)

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ciptono W. 2006. A Causal Relationship Between Quality Management Practices, Supply-Chain Practices, Demand-Chain Practices, And Company Performanc. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia Vol. 21, No. 1, 2006, 1 – 21

Christyono F. 2017. Analisis Supply Chain Pada PT. Cahaya Indo Persada. Jurnal AGORA Vol. 5. No. 3

Silvy I. 2014. Analisis Kinerja Pemasok Pada Manajemen Rantai Pasokan Perusahaan Jasa Konstruksi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Miguel P. 2011. Supply Chain Management measurement and its influence on Operational Performance. Volume 4• Number 2 • July - December 2011

Sri W., Siti M. 2018. Pengaruh Supply Chain Management Practices dan Marketing Capability Terhadap Firm Performance Melalui Competitive Advantage . Jakarta: Universitas Telkom.

Rachmarwi W. 2018. Praktik Manajemen Rantai Pasokan di Industri Kelapa Sawit di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana Vol.6. No. 1

Tjipto S. 2014. Analisis Kinerja Pemasok Pada Manajemen Rantai Pasokan Perusahaan Jasa Konstruksi. Jurnal Manajemen Analisis Kinerja Pemasok Pada Manajemen Rantai Pasokan Perusahaan Jasa Konstruksi

R. Glenn Richey Jr. 2009. The Moderating Role Of Barriers On The Relationship Between Drivers To Supply Chain Integration And firm Performance. Alabama: The University of Alabama

Andreas Reichhart, Matthias Holweg. 2007. Creating The Customer-Responsive Supply Chain. Britania: University of Cambridge.

Baehaki ST.,M.Eng, dkk. (2018). Dokumen Pedoman Penulisan dan penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Cilegon: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Peter W. 2007. The Process-Oriented Organisation: A Holistic View. Belgia: Vlerick Leuven Gent Management School.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v9i1.7844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft