Perbandingan Analisis Kapasitas Beban Maksimum Silinder Beton antara SNI 2847:2019 dan Simulasi Monte Carlo

Samsul A Rahman Sidik Hasibuan, Fandi Notodiharjo, Fransisca Bella, Alexander Bayu, Jomitho Dos Santos

Abstract


Teknik simulasi merupakan suatu metode yang dilakukan secara numerik atau yang lain, tanpa melakukan eksperimen secara fisik. Teknik simulasi dapat menggunakan data pada pengujian-pengujian sebelumnya, atau dengan data lain tanpa eksperimen untuk menentukan distribusi probabilitas pada persoalan-persoalan penting yang sedang dihadapi. Metode simulasi monte carlo merupakan suatu metode yang bertujuan untuk mendekati parameter-parameter tertentu. Distribusi probabilitas dari variable random yang nilainya tergantung pada interaksi dengan variable random yang distribusi probabilitasnya sudah dispesifikasi. Makalah ini bertujuan membandingkan hasil analisis berdasarkan  SNI 2847 (2019) dengan hasil analisis berdasarkan metode monte carlo pada benda uji silinder beton. Makalah ini juga dapat menjadi refrensi untuk menguji keakuratan hasil eksperimen pada benda uji beton pada eksperimen-eksperimen yang selanjutnya. Makalah ini menggunakan jumlah data random terdistribusi seragam sebanyak 100 data untuk mendapatkan mean dan standar devisasi. Analisis dilakukan pada 2 buah benda uji silinder beton dengan dimensi yang sama yaitu 150 mm X 300 mm, namun dengan mutu beton dan mutu baja yang berbeda. Selanjutnya hasil analisis didapatkan kapasitas beban maksimum yang mampu dipikul oleh silinder beton berdasarkan SNI dan juga berdasarkan simulasi monte carlo. Hasil analisis pada kedua benda uji berdasarkan SNI 2847 (2019) dan simulasi monte carlo memiliki selisih 0,8 % dan 0,7 %. Nilai koefisien skewness dan kurtosis berturut-turut adalah -0,16 dan -0,83.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jft.v9i2.8497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FONDASI : JURNAL TEKNIK SIPIL HAS BEEN INDEXED BY

 

 

  

 

  

 THE IDENTIFICATION OF ANTIBACTERIAL COMPOUNDS IN CLOVE STEM EXTRACT  (Syzygium aromaticum) AND ITS EFFECTIVENESS IN INHIBITING THE GROWTH OF  Escherichia coli | Safitri | JBIO: jurnal biosains (the journal of  biosciences)

 Lisensi Creative Commons

Fondasi: Jurnal Teknik Sipil by Jurusan Teknik Sipil UNTIRTA  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.    

 
Based on work at http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jft