KOMPETENSI BAHASA INGGRIS

M. ASHOLAHUDIN

Abstract


Menurut Ma’mur (2010) Salah satu hasil cipta karya manusia yang paling penting sepanjang sejarah peradaban manusia adalah bahasa. Dengan bahasa ini manusia melakukan interaksi dan komunikasi antar sesamanya. Hanya manusia sajalah, di antara makhluk Allah yang lain, kiranya mamupu berkomunikasi secara lisan dan tulisan melalui bahasa.
Salah satu bahasa yang diajarkan dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi adalah bahasa Inggris. Bahasa Inggris diajarkan di dunia pendidikan karena pentingnya mempelajari bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa Internasional.
Bahasa Inggris sebagai bahasa asing telah masuk dalam kurikulum pendidikan di Indonesia sejak Indonesia mencapai kemerdekaan. Kebijakan pemerintah ini cukup berdasar, yakni sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan juga karena bukubuku banyak yang menggunakan bahasa Inggris. Harapannya juga dibalik keharusan mempelajari bahasa Inggris adalah diantaranya agar dapat melakukan komunikasi lisan maupun komunikasi tulis. Menurut Ratmaningsih (2019) pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia bertujuan agar pembelajar bahasa mampu berkomunikasi dengan penutur bahasa tersebut dan juga pembelajaran bahasa Inggris dilakukan oleh pembicara non bahasa Inggris dan sebagai bahasa kedua di negara tertentuyang mana digunakan sebagai jembatan komunikasi, seperti perdagangan dan pendidikan.
Pembelajaran bahasa merupakan interaksi antar penutur bahasa dalam upaya untuk memperoleh kemampuan berbahasa. Pemerolehan bahasa lazim terjadi pada bahasa pertama seorang penutur bahasa melalui interaksi dengan orang tua, saudara, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat dimana bahasa yang dipelajari digunakan dalam komunikasi sehari-hari.
Menurut Zaim (2016) di dalam konsep pembelajaran bahasa, ada empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasi oleh seorang pembelajar bahasa, yaitu keterampilan berbicara, keterampilan mendengarkan, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Keempat keterampilan berbahasa ini bisa dikuasai seorang pembelajar bahasa dengan ditunjangoleh kemampuan menguasai komponen bahasa, yaitu penguasaan tata bahasa dan kosakata.


Full Text:

PDF

References


Azisah, Siti. 2020. Pembelajaran Bahasa Inggris: Model dan Aplikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Brown. 2004. Language Assessment : Principles and classroom Practices. Longman

Ma’mur, Ilzamudin. 2010. Membangun Budaya Literasi : Meretas komunikasi Global. Jakarta : Diadit Media

Rahim, Farida. 2008. Pelajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Yamin, Martinis. 2004. Strategi Pembelajaran Berbasis Komptensi. Jakarta : Gaung Persada Press.

Zaim. 2016. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris. Jakarta : Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.