HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PERAWAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD dr. ADJIDARMO RANGKASBITUNG
Abstract
Kualitas pelayanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan, khususnya perawat di ruangan rawat inap itu sangat berpengaruh terhadap kebiasaan pasien/masyarakat dalam menjalani pengobatannya karena, pasien yang sedang dalam masa pengobatan akan patuh pada nasehat dan taat terhadap rencana pengobatannya apabila merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan baik oleh tenaga kesehatannya maupun dari segi rumah sakitnya. Terdapat 5 aspek untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan perawat terhadap tingkat kepuasan pasien tersebut diantaranya yaitu aspek perhatian, aspek komunikasi, aspek penerimaan, aspek kerjasama, dan juga aspek tanggung jawab. Tujuan Penelitian: Yaitu untuk mengetahui bagaimana hubungan kualitas pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien di RSUD dr. Adjidarmo Rangkasbitung berdasarkan 5 aspek pelayanan keperawatan. Metode: Metode penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional study, dengan jenis metode kuantitatif. Pengambilan besar sample pada penelitian ini yaitu menggunakan metode probability sampling dengan teknik Cluster Sampling, yaitu digunakan sebagai pengambilan sample secara acak dan berumpun. Jumlah sample pada penelitian adalah 127 pasien. Hasil penelitian: Dari penelitian didapatkan hasil Tidak adanya Hubungan antara Kualitas Pelayanan Keperawatan Aspek Perhatian (0,136>0,05) Aspek Penerimaan (0,028<0,05) Aspek Komunikasi (0,003<0,05) dan Tanggungjawab (0,000<0,05) terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di 5 Instalasi Rawat Inap RSUD dr. Adjidarmo Rangkasbitung, dan tidak ada Hubungan antara Kualitas Pelayanan Keperawatan pada Aspek Kerjasama (0,279>0,05)
Kata kunci: Pelayanan perawat, Kepuasan pasien, Manajemen Keperawatan
Full Text:
PDFReferences
Beck, S. L., Towsley, G. L., Berry, P. H., Lindau, K., Field, R. B., & Jensen, S. (2010). Core Aspects of Satisfaction with Pain Management: Cancer Patients’ Perspectives. Journal of Pain and Symptom Management, 39(1), 100–115. https://doi.org/10.1016/j.jpainsymman.2009.06.009
Desimawati, W. D. (2021). Hubungan Layanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember. 10–21.
Fadilah, A., & Yusianto, W. (2019). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP BEDAH DI RSUD dr. LOEKMONO HADI KUDUS. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 8(1), 35. https://doi.org/10.31596/jcu.v8i1.303
Faridasari, I., Herlina, L., Supriatin, S., & Pirianiti, F. (2021). Hubungan Antara Caring Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan, 12(2), 137–144. https://doi.org/10.38165/jk.v12i2.252
Mohammed Alhussin, E., Mohamed, S. A., Hassan, A. A., Al-Qudimat, A. R., Doaib, A. M., al jonidy, R. M., al harbi, L. I., & Alhawsawy, E. D. (2024). Patients’ satisfaction with the quality of nursing care: A cross-section study. International Journal of Africa Nursing Sciences, 20(August 2023), 100690. https://doi.org/10.1016/j.ijans.2024.100690
Nadialista Kurniawan, R. A. (2021). Hubungan pelayanan perawat (berdasarkan pendekatan ten carative factors dari watson’s) dengan tingkat kepuasan pasien di puskesmas silo kabupaten jember. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288
Nova, R. F. (2010). Kepuasan Pasien Rawat Inap rs. PKU Surakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Wowor, J., Rumayar, A. A., & Maramis, F. R. R. (2019). Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Cantia Tompaso Baru. Kesmas, 8(6), 560–567.
Wulandari. (2015). Hubungan layanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah sakit umum daerah (RSUD) Ungaran kabupaten Semarang. 126.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jik.v5i3.28407
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jawara : Jurnal Ilmiah Keperawatan