HUBUNGAN ANTARA BEBAN KERJA PERAWAT DENGAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DI RUANG RAWAT INAP RSUD dr. ADJIDARMO RANGKASBITUNG

Futri Indah Lestari, Dedeh Hamdiah, Rahmitha Sari

Abstract


ABSTRAK

 

Komunikasi terapeutik merupakan suatu keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap perawat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan. Namun adakalanya pelaksanaan komunikasi terapeutik tidak dapat dijalankan secara optimal karena tingginya beban kerja perawat. Beban kerja yang berat dapat berdampak pada kinerja perawat dalam melakukan asuhan keperawatan, salah satunya adalah komunikasi terapeutik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara beban kerja perawat dengan pelaksanaan komunikasi terapeutik di ruang rawat inap RSUD dr. Adjidarmo Rangkasbitung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling sebanyak 117 orang perawat. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah chi-square. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden mengalami beban kerja cukup tinggi (53.8%), sebagian besar responden melaksanakan komunikasi terapeutik dengan baik (92.3%). Hasil penelitian ini juga menunjukkan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara beban kerja perawat dengan komunikasi terapeutik (p=4.724). Kesimpulan penelitian ini adalah walaupun beban kerja cukup tinggi, perawat ruang rawat inap RSUD dr. Adjidarmo Rangkasbitung tetap melaksanakan komunikasi terapeutik dengan baik.

 

Kata Kunci : Beban kerja perawat, Komunikasi terapeutik, Perawat, Pasien


Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. N. A., & Dahlia, D. (2023). Beban Kerja Perawat Dengan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat Di Ruang Rawat Inap. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 4, 324.

Ekawati, N. (2019). Hubungan Burnout Perawat Dengan Komunikasi Terapeutik Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud)

Kota Depok. Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 77. https://doi.org/10.52031/edj.v3i2.9

Hikmat, R., & Melinda, M. (2020). Hubungan Beban Kerja Dengan Kepuasan Kerja Perawat. Jurnal Kesehatan, 10(2), 135–141. https://doi.org/10.38165/jk.v10i2.19

Hindun Somadayo. (2017). Hubungan Antara Beban Kerja Perawat Dengan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Di Bangsal Penyakit Dalam Dan Bedah Rsud Dr. Tjitrowardojo Purworejo. Oleh : Hindun Somadayo Kesehatan Universitas Alma Ata.

Januarizki, T. R., & Wihara, D. S. (2021). Pengaruh stress kerja, beban kerja, dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja karyawan BPR Artha Samudra Indonesia". Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(1).

Mushliha, & Fatmawati, S. (2017). Komunikasi Keperawatan (A. Setiawan (ed.)). Nuha Offset.

Nasution, S. S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Beban Kerja Karyawan Pt. Tanjung Timberindo Industri. 1–80.

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional (6th Ed.). Salemba Merdeka.

Prayuda, I. D. K. D. (2021). Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Kualitas Informasi Terpeutik Penata Anestesi. Itekes Bali Medias Journal, 10, 142. https://repository.itekes-bali.ac.id/medias/journal/17D10071_I_DEWA_KADEK_BUDA_PRAYUDA_B.pdf

Yunitasari, P. (2015). Hubungan Beban Kerja Perawat dengan Pelaksanaan Komu-nikasi Terapeutik di RS PKU Mu-hammadiyah Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Karya Husada, 001. http://jurnal.poltekkeskhjogja.ac.id/ind ex.php/jkkh/article/download/142/90.

Yusman (2016). Komunikasi terapeutik dalam keperawatan jiwa. Gosyen Publish-ing, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jik.v5i3.28421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jawara : Jurnal Ilmiah Keperawatan