PENGARUH SUHU PROSES CETAK TERHADAP KEKUATAN PANEL BACKSPLASH DARI PEMANFAATAN BOTOL PET BEKAS

Gema Fitriyano, Susanty Susanty, Muhammad Reza Huseini, Naazilatul Luthfiyah Al’aizzah

Abstract


Saat ini penggunaan botol plastik berbahan polietilena tereftalat atau lebih dikenal dengan PET sangat populer karena memudahkan perusahaan minuman siap saji untuk mengemas produknya, sebagian besar botol PET diimpor untuk memenuhi kebutuhan di Indonesia. Keberadaan limbah botol PET bekas pakai dalam jumlah besar adalah dampak dari hasil konsumsi masyarakat yang sebenarnya merupakan potensi untuk dimanfaatkan di Indonesia, akan tetapi potensi ini baru dapat dimanfaatkan pada kegiatan membersihkan dan mencacahnya menjadi pellet plastik PET yang kemudian dijual kembali ke luar negeri untuk diproses menjadi botol daur ulang atau produk lainnya. Hal tersebut dikarenakan tidak tersedianya teknologi yang dapat membantu pengusaha dalam negeri untuk memproses lebih lanjut pellet plastik PET yang sudah dikumpulkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode dalam rekayasa teknologi pemanfaatan limbah botol PET bekas yang akan diubah menjadi panel back splash. Percobaan dilakukan meggunakan oven dengan varisi suhu proses pelelehan pada 280, 290, 300, 310, 320 oC masing-masing selama 50 menit dengan analisis yang dilakukan yaitu bending strength test untuk mengetahui kekuatan dari panel backsplash yang dihasilkan. Kondisi optimum adalah pada suhu 280 oC karena produk panel memiliki nilai bending strength sebesar 8,53 N/mm2.

Keywords


Panel back splash, Pemanfaatan botol bekas, Polietilena tereftalat

Full Text:

PDF

References


Al-Sabagh, A. M., F. Z. Yehia, Gh. Eshaq, A. M. Rabie, and A. E. ElMetwally. 2016. “Greener Routes for Recycling of Polyethylene Terephthalate.” Egyptian Journal of Petroleum 25:53–64.

Alzuhairi, Mohammed A.Hussein, Ahmed M. H. Al-Ghaban, and Shams N. Almutalabi. 2016. “Chemical Recycling of Polyethylene Terephthalate (PET) as Additive for Asphalt.” ZANCO Journal of Pure and Applied Sciences 28(2):675–79.

Anon. 2007. “Technical Specifications - Wall Tile, Technical Information & Guidelines Indian Council of Ceramic Tiles and Sanitaryware.” 1.

Bacher, A. 2002. “Infrared Spectroscopy Hand Out.” P. 3 in. UCLA. Retrieved (http://www.chem.ucla.edu/~bacher/spectrocopy/IR1.html).

Purnawan, Irfan. 2013. TEKNOLOGI KERAMIK. Jakarta: Teknik Kimia FT UMJ.

Sibuea, Arif Frasman and Johannes Tarigan. 2017. “PEMANFAATAN LIMBAH BOTOL PLASTIK SEBAGAI BAHAN ECO PLAFIE (ECONOMIC PLASTIC FIBER) PAVING BLOCK YANG BERKONSEP RAMAH LINGKUNGAN DENGAN UJI TEKAN, UJI KEJUT DAN SERAPAN AIR.” Universitas Sumatera Utara.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jip.v7i2.3421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal integrasi Proses (JIP) has been indexed by:

                                         

 

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.