Optimasi Under Frequency Load Shedding Menggunakan Metode PSO Algorithm Pada Sistem Distribusi PT. Dian Swastatika Sentosa Serang Power Plant

Masjudin Masjudin, Siti Hajar Juliatiza, Cakra Adipura Wicaksana

Abstract


Stabilitas sistem tenaga merupakan hal utama yang harus dijaga untuk keamaan operasi sistem. Besar nilai suplai pembangkit harus sama seiring dengan nilai beban pada sistem tenaga listrik. Gangguan pada sistem tenaga listrik dapat mengakibatkan perubahan kearah transient yakni ke arah stabilitas frekuensi. Gangguan yang terjadi pada sistem adalah lepas pembangkit. Akibat dari gangguan ini yaitu ketidakseimbangan daya pada sisi pembangkit dan sisi beban sehingga terjadi penurunan nilai frekuensi. Under frequency load shedding merupakan upaya yang bertujuan untuk mengembalikan nilai frekuensi pada batas yang diizinkan dengan cara pelapasan beban. Penelitian ini dilakukan pada sistem distribusi PT Dian Swastika Sentosa Serang Power Plant yang didalamnya terdiri dari 4 unit generator dengan total suplai sebesar 128,1 MW.  Simulasi ini dibuat pada beberapa skenario sesuai dengan jumlah unit generator pada sistem. Untuk mendapatkan hasil yang optimum dalam pelepasan beban digunakannya metode Particle Swarm Optimization. Metode ini akan menemukan nilai minimum beban yang dilepas pada setiap tahap pelepasan beban. Hasil simulasi skenario terjadi penurunan rata-rata berkisar 1,03 MW beban yang dilepaskan jika dibandingan dengan perhitungan saat tidak menggunakan metode Particle Swarm Optimization

Keywords


Particle Swarm Optimization, Stabilitas Frekuensi, Under frequency load shedding

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


REFERENSI

E. E. Abdul Hadi, “Studi Pelepasan Beban Dengan Menggunakan Relai Frekuensi,” Jom FTEKNIK, p. Volume 03. No. 02, Oktober 2016.

M. Kumar, M. Sujatha, T. Devaraj dan N. Kumar, “Artificial Neural Network Approach for Under Frequency Load Shedding,” International Journal of Scientific & Engineering Research, vol. 3, no. 7, 2012.

S. Padron, M. Hernandez dan A. Falcon, “Reducing Under Frequency Load Shedding in Isolated Power Systems Using Neural Networks. Gran Canaria: A Case Study,” IEEE Transaction on Power Systems, vol. 31, p. 1, 2016.

C. Ertugrul, “Application of Fuzzy Logic for Load Frequency Control of Hydroelectrical Power Plants,” Energy Conversion Management, vol. 48, no. 4, pp. 1281-1288, 2007.

Y.-Y. Hong dan P. H. Chen, “Genetic Based Underfrequency Load Shedding in a Stand Alone Power System Considering Fuzzy Loads,” IEEE Transaction on Power System , vol. 27, pp. 87-95, 2012.

D. Mingchui, L. Chinwang dan W. Chikong, “Adaptive Under-frequency Load Shedding,” Tsinghua Science and Technology, vol. 13, no. 6, 2008.

Dorigo, Marco, M. Biratti dan T. Stutzle, “Ant Colony Optimization - Artificial Ants as a Computational Intelligence Technique,” IEEE Computational Intelligence Magazine, 2006.

M. A. Tantawy, A. Y. Hatata dan A. Kafi, “Optimal Under-Frequency Load Shedding Scheme Based on PSO,” Mansoura Engineering Journal , vol. 43, no. 2, 2018.

Santosa, Particle Swarm Optimization, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November, 2011.

B. Bakhsideh, “Optimal reactive power control of DGs for voltage regulation of MV distribution systems using sensitivity analysis method and PSO algorithm,” Electrical Power and Energy Systems, vol. 68, pp. 52 - 60, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v10i2.13138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.