Antena Cerdas untuk Mitigasi Interferensi dengan Algoritma Least Mean Square

Rahmad Hidayat

Abstract


Antena cerdas pada dasarnya merupakan susunan antena dengan kemampuan pemrosesan sinyal untuk mengirim/menerima informasi secara adaptif. Kemampuan ini harus terus didalami untuk dicarikan algoritma adaptif terbaik bagi kemampuan beamforming yang diinginkan. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan kajian dan analisis pengaruh algoritma Least Mean Square (LMS) pada pengaturan nulling beam pola radiasi susunan antena cerdas dalam perannya terhadap mitigasi interferensi. Simulasi kinerja beamformer untuk sebanyak 250 iterasi dilakukan dengan tool Matlab pada kanal AWGN (Additional White Noise Gaussian) dan parameter simulasi diubah untuk membandingkan dua buah harga step size m pada algoritma LMS untuk beberapa jumlah elemen antena. Pengaruh nilai step size m, terlihat pada jumlah iterasi yang dilangsungkan sebelum error noise minimum diperoleh, dimana dengan naiknya nilai step size ini maka semakin mengurangi jumlah iterasi, rata-rata menjadi 60. Dari pola respon amplitudo setelah proses beamforming , posisi sinyal utama (0 dB) tepat di sudut 30° dan dihasilkan 15 posisi nulling untuk 16 elemen antena. Sumber interferensi dihilangkan / ditutup dengan menempatkan ’nulls’ dalam arah sumber interferensi tersebut di posisi 60° dan -40° dengan masing-masing level diperoleh berkisar sebesar -115 dB

Keywords


Antena cerdas, Beamforming, Algoritma adaptif, Least Mean Square, Nulling, Interferensi

Full Text:

PDF

References


Balanis,C. (2005). Antenna Theory, 3rd ed. Wiley, New Jersey.

Sawant,V.V.dan Chavan, M.S.(2013). Performance Of Beamforming For Smart Antenna Using Modified LMS Algorithm. International Journal of Engineering Research and Science & Technology, Vol. 2, No. 3,hal.176.

Hidayat,R. (2016). Desain Dan Analisis Patch Sirkular untuk Aplikasi Antena Tag RFID dengan Algoritma Propagasi Balik Jaringan Syaraf Tiruan. Prosiding SNaPP Sains dan Teknologi, Vol.6,No.1, Universitas Islam Bandung.

Jonifan, Supriyatin,W., Rafsyam,Y., Firmansyah,T., Herudin dan Herudin,A. (2016). Perancangan Antena Mikrostrip Patch Circular menggunakan metode Array 1x8 untuk Aplikasi Radar Maritim Frekuensi 3,2 GHz. Jurnal Ilmiah SETRUM Vol.5, No.2, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Arefi,R. (2002). Proposed Text for Mitigation Techniques Section of Part 3 of the Coexistence Recommended Practice – Working Document Version 1.3 . IEEE 802.16 Broadband Wireless Access Working Group ArrayComm, Inc.

Sahu,R., Mohan,R. dan Shrama,S. (2013). Evaluation of Adaptive Beamforming Algorithm of Smart Antenna. International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering, Volume 3, Issue 9.

Zarifi,K., dan Ghrayeb,A. (2010). Collaborative Null-Steering Beamforming . IEEE Transactions on Signal Processing, 58(3):1889-1903.

Zheng,Y. (2008). Adaptive Antenna Array Processing for GPS Receivers. Thesis, University of Adelaide, South Australia.

Khabbazibasmenj,A. , Vorobyov, S.A. dan Hassanien, A. (2012). Robust Adaptive beamforming Based on Steering Vector Estimation With as Little as Possible Prior Information. IEEE Transactions On Signal Processing, Vol. 60, No. 6, hal.2974-2987.

http://www.labbookpages.co.uk/audio/beamforming/delaySum.html#pattern

Sawant, V.V. dan Chavan, M.S. (2013). Performance Of Beamforming For Smart Antenna Using Modified LMS Algorithm. International Journal of Engineering Research and Science & Technology, Vol. 2, No. 3,hal.177-179.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v6i1.1439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.