Rancang Bangun Alat Pengukur Kadar Asam Askorbat pada Buah dengan Metode Titrasi Iodimetri

Ayssa Nurmastika, Danang Erwanto, Aulia Dewi Rosanti, Farrady Alif Fiolana

Abstract


Sumber pangan yang baik akan vitamin C adalah buah buahan dan sayuran yang berdaun hijau. sehingga penting untuk mengetahui kadar vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan. Pada penelitian ini alat pengukuran asam askorbat pada buah dirancang menggunakan metode titrasi iodimetri dengan sistem pengadukan antara titran dengan ekstrak buah secara otomatis, sensor warna TCS3200 digunakan untuk mendeteksi perubahan warna larutan yang di titrasi. Saat warna larutan yang dititrasi berubah menjadi biru, maka proses titrasi akan berhenti secara otomatis. Hasil yang diperoleh, sensor warna TCS3200 mampu mendeteksi perubahan warna biru pada proses titrasi. Nilai kesalahan rata rata pada sampel buah dengan berat 10 gram dan 30 gram adalah 0,056% dan 0,020%.

Keywords


Asam Askorbat, Titrasi Iodimetri, Sensor Warna TCS3200

Full Text:

PDF

References


N. Rahman, M. Ofika dan I. Said, “Analisis Kadar Vitamin C Mangga Gadung (Mangifera sp) dan Mangga Golek (Mangifera indica L) berdasarkan Tingkat Kematangan dengan Menggunakan metode Titrasi Iodimetri,” Jurnal Akademika Kimia Universitas Tadulako, vol. 4, no. 1, pp. 33-37, 2015.

L. Suhardjo, B. Deaton dan J. Driskel, Pangan, Gizi dan Pertanian, Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press), 1986.

S. A. Djaeni, Ilmu gizi: untuk mahasiswa dan profesi di Indonesia, Jakarta: Dian Rakyat, 1987.

D. Iskandar, “Perbandingan metode Spektrofotometri Uv-Vis dan Iodimetri dalam Penentuan Asam Askorbat Sebagai Bahan Ajar Kimia Analitik Mahasiswa Jurusan Teknologi Pertanian Berbasis Open Ended Experiment dan Problem Solving,” Jurna Teknologi Technoscientia, vol. 10, no. 1, pp. 66-70, 2017.

A. R. Pratama dan R. Adil, “Desain Mekanik Alat Bantu Identifikasi Susu dan Sari Buah Dengan Menggunakan Sensor Warna TCS 3200,” EEPIS Final Project, 2010.

H. K. Wardana, E. Indahwati dan L. A. Fitriyah, “Measurement of Non-Invasive Blood Glucose Level Based Sensor Color TCS3200 and Arduino,” dalam IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 336, No. 1, p. 012019), 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v7i1.3401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.