Analisa Efisiensi Konsumsi Energi Listrik Pada Kapal Motor Penumpang Nusa Mulia

Alimuddin Alimuddin, Herudin Herudin

Abstract


Besarnya pemakaian energi listrik dipengaruhi oleh jenis beban yang dipakai. Beban memiliki sifat resistif, induktif, dan kapasitif. Sifat ini akan memiliki dampak pada sistem kelistrikan yaitu faktor daya. Semakin besar faktor daya (daya aktif besar) maka sistem listrik tersebut akan semakin bagus dan sebaliknya. Oleh karena itu ketika sistem memiliki faktor daya yang rendah (daya reaktif besar) maka akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar genset, sehingga dibutuhkan perbaikan faktor daya dengan menggunakan kapasitor. Sistem kelistrikan kapal Nusa Mulia memiliki faktor daya yang rendah sehingga membutuhkan kapasitor untuk perbaikan faktor daya. Pada Tugas Akhir ini dilakukan simulasi pemasangan kapasitor sebesar 80, 11 dan 215 KVAR pada masing-masing feeder panel untuk meningkatkan faktor daya dari 0,78 menjadi 0,95. Hasil perhitungan menunjukkan pengeluaran biaya energi bahan bakar perhari turun dari Rp10.985.000 menjadi Rp7.492.680.

Keywords


Faktor Daya, Kapasitor, Biaya Listrik

Full Text:

PDF

References


Fauzan, H.J. (2008). Konservasi Energi Listrik pada Industri Baja dengan Meningkatkan Efisiensi dan Kualitas Daya Listrik. Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Hadi, Prasetio. (2008). Konservasi Energi Listrik pada Industri Otomotif. Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Jamali, Jamal. (2014). Analisis Perbaikan Faktor Daya di PT. Primer Indokencana Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo.

Iverson, Jim. (2006). Rated Power Factor Test and Installation Acceptance of Imergency and Standby Power System. Technical Information, Cummins Power Generation.

Rizal, Abdul. (2001). Studi Pembangkit Llstrlk Tenaga Diesel (PLTD) Dengan Daya 1500 KW Di Pulau Bawean PT. PLN (persero) UPJ Area Gresik. Fakultas Teknologi Industri Universitas Kristen Petra Surabaya.

PowerStation Help. (2000). Load Flow Calculation Method. Lake Forest, CA. Operation Technology, Inc.

Tampubolon, Wempi. (2012). Analisa Audit Energi Dengan Parameter Beban Penerangan dan Sistem Pengkondisian Udara Pada Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM) Cilegon. Jurusan Teknik Elektro. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Jaya Santoso, Yusan. (2007). Simulasi dan analisa efek penempatan capasitor 360, 310, 210 kVAR pada plant 1 di PT. Garudafood Putra Jaya. Fakultas teknologi industri Universitas Kristen Petra Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v3i1.499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.