HYBRID BATTERY-LESS LED DRIVER MENGGUNAKAN BOOST CONVERTER BERBASIS KONTROL PROPORSIONAL

M. Syafiuddin

Abstract


Energi kebijakan pemerintah tentang memanajemen energi sesuai peraturan Mentri ESDM nomor 13 dan 14 tahun 2012 tentang penghematan pemakaian energi listrik dan manajemen energi sebagai bentuk pemanfaatan sumber daya energi secara efektif, efisien, dan rasional tanpa mengurangi fungsi gedung semestinya adalah dengan audit energi. Maka dalam prototype ini dibuat sebuah driver lampu LED yang memanfaatkan energi dari photovoltaic tanpa baterai untuk penerangan gedung di siang hari, sehingga selain hemat dari segi beban (lampu LED) juga hemat dari segi sumber energi. Pada makalah ini akan dibahas LED driver menggunakan photovoltaic (PV). Penggunaaan hybrid battery-less led driver dalam makalah ini bertujuan meningkatkan angka penghematan penggunaan listrik pada bangunan gedung. Led driver didesain hybrid yang mampu menggantikan catu daya PV ke catu daya PLN, ketika daya yang dihasilkan PV kurang dari daya nominal. Tegangan output dari LED dikontrol oleh mikrokontroller STM32F1 menggunakan boost converter. Hasil percobaan dilapangan tegangan yang dihasilkan oleh LED driver sebesar 195 Vdc. Daya yang dihasilkan oleh LED driver sebesar 100 watt dengan menggunakan beban lampu LED 4 buah. Dan nilai effisiensi dari Boost converter mencapai 92%.


Keywords


Keywords: driver, hybrid, LED lamp, boost converter, building.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Herlina, R. Thayib., E. Lazuardy., P. D. Muthia. Analisis Biaya Pembangkitan Energi Listrik Pembangkit Listrik Tenaga Hibrida Untuk Daerah Terisolasi. 2013. Jurnal Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya.

Juwito A F, Pramonohadi S, Haryono T, “Optimalisasi Energi Terbarukan pada Pembangkit Tenaga Listrik dalam Menghadapi Desa Mandiri Energi di Margajaya”, Jurnal Ilmiah Semesta Tenika, Vol. 15, No. 1 , Mei 2012.

Outlook Energi Indonesia 2016. [Online].Available: https://www.esdm.go.id/ [URL dikunjungi pada 28 Desember 2018]

Statistik Ketenagalistrikan 2015. [Online]. Available: www.djk.esdm.go.id/ [URL dikunjungi pada 28 Desember 2018]

Ramjee Prasad Gupta, Dibya Bharti, Upendra Prasad. 2011. Design and analysis of Buck Boost Converter Based LED Driver For Enhancing the Stability. Jharkhand India : Journal of Electrical Engineering

Arjyadhara Pradhan, Bhagabat Panda. 2018. A Simplified Design and Modeling of Boost Converter for Photovoltaic Sytem. India : International Journal of Electrical and Computer Engineering (IJECE) Vol. 8.

S Masri, P W Chan. 2011. Design and development of a DC-DC boost converter with constant output voltage. Pulau Pinang, Malaysia :IEEE International Conference on Intelligent and Advanced Systems.

Aman Jha, Manoj Kumar, dkk. 2017. Smart Solar Hybrid LED Streetlight. India :IEEE Recent Development in Control, Automation, and Power Engineering (RDCAPE).

Hart Daniel W. Power Electronic. Valparaiso Indiana : McGraw-Hill. 2011.

Spesifikasi mikrokontroller STM32F1. [Online].Available: https://satoshinm.github.io/ [URL dikunjungi pada 28 Desember 2018]




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v8i1.5524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.