Strategi adopsi teknologi blockchain di perguruan tinggi guna menunjang terwujudnya smart and green university (studi kasus: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)

Achmad Bahauddin, Putro Ferro Ferdinant, Agustina Fatmawati

Abstract


Revolusi industri 4.0 mengakibatkan terjadinya transformasi secara komprehensif pada aspek kehidupan manusia salah satunya sistem pendidikan. Salah satu ciri revolusi industri 4.0 pada Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) yaitu memiliki berbagai jenis academic platform. Akan tetapi platform tersebut sering mengalami gangguan seperti “Connection Timed Out” jika diakses oleh banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan. Berdasarkan permasalahan tersebut UNTIRTA dapat memanfaatkan teknologi blockchain untuk mengatasinya dan juga guna menunjang terwujudnya UNTIRTA sebagai Smart and Green University. Adopsi teknologi blockchain masih sangat rendah dalam sektor pendidikan di Indonesia. Tidak mudah bagi lembaga pendidikan dalam mengimplementasikan teknologi baru karena perlu mempertimbangkan berbagai faktor kesiapan yang perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesiapan utama adopsi teknologi Blockchain di perguruan tinggi dengan metode ISM-MICMAC Analysis dan memberikan usulan strategi yang relevan untuk penerapan teknologi blockchain dalam sistem pendidikan di UNTIRTA. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat 16 faktor yang mempengaruhi kesiapan adopsi teknologi blockchain di UNTIRTA. Dari ke 16 faktor tersebut, faktor kesiapan dukungan manajemen dan staff dan pemahaman teknologi sebagai kunci utama yang mempengaruhi suksesnya adopsi dan penerapan teknologi blockchain di UNTIRTA. Selanjutnya dua faktor kesiapan utama tersebut dibuatkan usulan strategi adopsi yang relevan terdiri atas usulan yang bersifat strategis, taktis, dan teknis.

Keywords


Adopsi Teknologi, Blockchain, Smart University, ISM-MICMAC Analysis

Full Text:

PDF

References


BASRA, "Buka Usaha Pemalsuan Ijazah, Warga Surabaya Raup Rp 86 Juta," in kumparan.com, ed. kumparan.com, 2021.

A. Bahauddin, "Aplikasi Blockchain dan Smart Contract Untuk Mendukung Supply Chain Finance Umkm Berbasis Crowdfunding Syariah," Journal Industrial Servicess, vol. 5, 2019.

A. Alammary, S. Alhazmi, M. Almasri, and S. Gillani, "Blockchain-based applications in education: A systematic review," Applied Sciences, vol. 9, p. 2400, 2019.

M.-F. Steiu, "Blockchain in education: Opportunities, applications, and challenges," First Monday, 2020.

F. E. J. Broni, "Blockchain Technology Readiness in Firms: Industry Experts’ Perspectives from a Developing Economy," University Of Ghana, 2019.

V. Mani, R. Agrawal, and V. Sharma, "Impediments to social sustainability adoption in the supply chain: An ISM and MICMAC analysis in Indian manufacturing industries," Global Journal of Flexible Systems Management, vol. 17, pp. 135-156, 2016.

N. Alannita, dan IGNA Suaryana, "Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Partisipasi Manajemen, Dan Kemampuan Teknik Pemakai Sistem Informasi Akuntansi Pada Kinerja Individu," Jurnal Akuntansi, vol. 10, pp. 354-369, 2014.

M. C. Dwitrayani, A. Widanaputra, and I. M. A. D. Putri, "Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Partispasi Manajemen, Budaya Organisasi, dan Kepuasan Pengguna pada Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Bank Pengkreditan Rakyat di Kabupaten Bandung," E-Journal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, vol. 6, pp. 197-222, 2017.

H. Helaluddin, "Peningkatan kemampuan literasi teknologi dalam upaya mengembangkan inovasi pendidikan di perguruan tinggi," PENDAIS, vol. 1, pp. 44-55, 2019.

A. Ardipandanto and A. Budiman, Dinamika Pelaksanaan Urusan di Bidang Persandian Pemerintah Daerah: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2018.

Y. Yohanes, "Strategi Penerapan Teknologi Informasi di Pemerintah Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat," JPMIS, 2013.

G. M. Husein and R. V. Imbar, "Analisis Manajemen Risiko Teknologi Informasi Penerapan Pada Document Management System di PT. JABAR TELEMATIKA (JATEL)," JuTISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), vol. 1, 2015.

S. Samsinar, "URGENSI LEARNING RESOURCES (SUMBER BELAJAR) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN," Didaktika: Jurnal Kependidikan, vol. 13, pp. 194-205, 2020.

H. A. Qadrya, "Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan penerapan sistem single sign-on di Uin Syarif Hidayatullah Jakarta," Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah …, 2018.

Munir, "Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi," Bandung: Alfabeta, vol. 24, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v7i1.12622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by