MANFAAT E-BUSINESS DALAM PEMASARAN BOLA SEPAK: Studi empiris pada PT. Sinjaraga Santika Sport (Triple S) Majalengka

Jefry Romdonny, Maskarto Lucky Nara Rosmadi

Abstract


Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi harus disertai dengan meningkatnya kualitas Sumber daya manusia sebagai komponen utama dalam suatu perusahaan. Pemanfaatan e-business selain untuk mempermudah komunikasi antara produsen dan konsumen juga untuk meningkatkan dan memperluas pasar produk suatu perusahaan. PT. Sinjaraga Santika Sport sebuah perusahaan bola sepak yang berada di Kabupaten Majalengka telah menerapkan e-business untuk meningkatkan dan memperluas jaringan pemasaran serta untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif, maksudnya data yang diperoleh menggambarkan atau menjelaskan sedemikian rupa yang kemudian dilakukan penganalisaan sedangkan teknik pengumpulan data terdiri dari data primer dan data sekunder (kepustakaan). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diterangkan, bahwa penggunaan dan pemanfaatan e-business oleh PT. Sinjaraga Santika Sport sangat membantu terutama dalam meningkatkan jumlah pesanan khususnya dari luar negeri. Jumlah ekspor bola di Tahun 2015 sebelum pemanfaatan e-business sebesar 110.000 pcs untuk wilayah Asia yang kemudian meningkat menjadi 145.000, wilayah Eropa dan Afrika pun mengikuti perkembangan ini dengan jumlah yang meningkat dengan jumlah yang meningkat dengan signifikan. Beberapa faktor yang perlu ditingkatkan adalah peran pemerintah daerah dan pusat untuk melakukan pembinaan dan mendukung dari segi permodalan


Keywords


Bisnis elektronik, Pemasaran, Bola sepak

Full Text:

PDF

References


Egedius, Vandeim. (2014). Penerapan E-Business di Indonesia. Makalah. http://vandemegedius. blogspot.co.id/ 2014/10/eview-jurnal-penerapan-e-business- di.html. Diunduh pada Tanggal 8 Agustus 2017 pukul 22.00 wib.

Samudra, Bagus dan Mudjahidin. (2014). Evaluasi Penerapan E-Business Perusahaan Menggunakan Framework Model Shaaban Elahi (Studi Kasus Perusahaan Hotel Grand Legi). Jurnal Teknik Pomits. Vol. 1 No. 1.

Sid L. Huff, et.al. (2000). Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill.

Timmers, Paul. (2000). Electronic Commerce- Strategies & Models for Business to Business Trading. John Wiley & Sons, Ltd.(diunduh pada tanggal 7 Agustus 2017 pukul 17.00 wib.)




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v3i1b.2081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by