ANALISA MANFAAT BIAYA PROYEK PEMBAHARUAN UNIT PENGOLAHAN SAMPAH KOTA GRESIK DENGAN TEKNOLOGI HYDROTHERMAL

Kuntum Khoiro Ummatin, Dewi Annisa Yakin, Qurrotin Ayunina MOA

Abstract


Proyek pembaharuan unit pengolahan sampah kota Gresik perlu dilakukan untuk menjaga keberlanjutan pengolahan sampah kota menjadi bahan bakar alternatif pengganti semen, Refused Derived Fuels (RDF). Beberapa permasalahan yang ditemukan dalam sistem pengolahan sampah saat ini, diantaranya produksi RDF hanya mencapai 1% dari target, kadar air melebihi standar, dan kalori yang kurang dari standar. Terdapat alternatif pembaharuan yakni dengan teknologi hydrothermal. Dalam penelitian ini dilakukan analisa manfaat dan biaya yang timbul akibat adanya proyek pembaharuan tersebut, sehingga dapat diketahui kelayakan investasinya. Metode yang digunakan adalah metode perbandingan manfaat dan biaya, Benefit Cost Ratio (BCR). Metode ini digunakan untuk menaksir kemanfaatan proyek, dan membandingkan dengan biaya yang timbul selama masa investasi proyek., yaitu selama 20 tahun umur mesin pengolah sampah hydrothermal dan tingkat suku bunga 12%. Dari hasil analisa diperoleh nilai manfaat total senilai Rp. 4. 968.800.000 per tahun. Sedangkan biaya yang muncul adalah biaya investasi awal senilai Rp. 13.245.898.932 dan biaya operasional & maintenance senilai Rp. 3.068.117.397. Nilai BCR yang dihasilkan dari perbandingan manfaat dengan biaya adalah 1,07. Nilai BCR yang lebih dari 1 menunjukkan proyek dapat dilaksanakan dan layak. Analisa sensitivitas menunjukkan nilai tersebut masih layak hingga tingkat suku bunga kurang dari 14%. 


Keywords


Analisa biaya, hydrothermal, Sampah Kota, Gresik, RDF

Full Text:

PDF

References


Cheng, H., & Hu, Y. (2010). Bioresource Technology Municipal solid waste (MSW) as a renewable source of energy : Current and future practices in China. Bioresource Technology. doi: 10.1016/j.biortech.2010.01.040.

Prawishuda, Pandji; Namioka, Tomoaki; and Yoshikawa, K. (2012). Coal Aternative Fuel Production from Municipal Solid Waste Employing Hydrothermal Treatment. ScienceDirect: Applied Energy, 90, 298-304.

Pujawan, N. (2012). Ekonomi Teknik. Surabaya: Penerbit Guna Widya.

Serpong Updates. (2016). .

Ummatin, Kuntum; Arifianti, Q. (2016). Review and Analysis of Coal Substitution with Refuse Derived Fuel (RDF) in Cement Plant using System Dynamic. Proceeding ICEMIT Engineering Management Institut Teknologi DEL, North Sumatra.

Ummatin, Kuntum; Setyaningrum, P. (2015). Pemodelan Pengelolaan Sampah Kota sebagai Bahan Energi Alternatif di Kabupaten Gresik. Proceeding Seminar Satelit Universitas Brawijaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v3i1c.2091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by