MODEL GRAVITY DAN ALGORITMA SAVINGS DALAM PENENTUAN LOKASI DAN JARINGAN DISTRIBUSI

Adrian Firdaus, Hendy Suryana

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan bagian terpenting dari sistem perekonomian di Indonesia, khususnya Melia Cakes merupakan UMKM yang bergerak di bidang kuliner, yaitu pembuatan macam-macam kue basah dan kering. Untuk memasarkan produknya, UMKM bekerja sama dengan para retailer dalam menjual dan memasarkan produknya. Supply Chain Management (SCM) merupakan suatu konsep pendekatan atau seni yang terintegrasi untuk meningkatkan produktivitas suatu sistem perusahaan yang berorientasi untuk memberikan kepastian tentang ketersediaan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen dengan kualitas dan kuantitas yang tepat. Salah satu bagian penting dari SCM adalah lokasi pabrik yang optimal berdasarkan jarak, biaya dan faktor lainnya. Untuk mengetahui lokasi pabrik dan jaringan distribusi yang optimal diperlukan penelitian yang bertujuan mengurangi biaya transportasi. Salah satu model untuk menentukan lokasi adalah Model gravity, dimana factor- faktor diantaranya: biaya, jarak, dan beban yang diangkut berpengaruh terhadap hasil yang didapatkan. Adapun Algoritma savings merupakan metode heuristik untuk memecahkan suatu model jaringan distribusi dengan mengurangi biaya dan jarak tempuh secara optimal. Pada penelitian ini menghasilkan lokasi yang baru pada titik koordinat -6.8893 garis lintang dan 107.1948 garis bujur serta penurunan biaya transportasi sebesar Rp. 264.716 dan biaya savings sebesar Rp. 26.215. 


Keywords


Supply Chain Management, Lokasi, Jaringan Distribusi, Model Gravity, Algoritma Savings

Full Text:

PDF

References


Ballou, Ronald. H. 2004, Bussiness Logistics. Progressive Publishing, New Jersey.

Bowersox, D, J., 2006. Management Logistik: Integrasi Sistem Manajement Distribusi Fisik dan Manajemen Material, Jakarta: Bumi aksara.

Bowersox, D, J., David J. Closs, dan M.Bixby Cooper 207, Supply Chain Logistic Management (2nd Ed), Singapore: McGraw-Hill.Inc.

Chopra S. dan Meindl, P., Supply Chain Management: Strategy, Planning and Operations, New Jersey: Prentice Hall.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Cianjur, “Cianjur dalam angka”, 2016.

Diskopperindag, 2017., Mencetak 1000 Entepreneurship. “Seminar Universitas Suryakancana”.

Indrajit, R, E dan Pranoto, R,D., 2002, Konsep Management Supply Chain, Grasindo, Jakarta.

Klibi, W., Martel, A., dan Guitouni, A., 2010, The design of robust value creating supply chain networks: A critical review.

Pujawan, I. N., 2010., Supply Chain Management. Edisi Kedua. Gunawidya. Surabaya.

Ross, F. D., 2003. Introduction to e-supply chain management: engaging technology to build market-winning business partnership. USA: Lucie Press.

Tambunan, Tulus, 2008, “Ukuran Daya Saing Koperasi dan UKM”. Jurnal Pusat Studi Industri dan UKM.

Tamin, Ofyar Z., 2000., Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Institut Teknologi Bandung.

Turban et al. 2004., Information technology for management 4th edition, John Wiley & Sons., Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v3i1c.2094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by