Perancangan aplikasi perhitungan beban kerja karyawan pada PT XYZ

Nuraida Wahyuni, Akbar Gunawan, Putro Ferro Ferdinant, Enny Fitriyanti

Abstract


PT XYZ adalah salah satu perusahaan yang bergiat di bidang jasa pembuatan dan perbaikan permesinan. Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki posisi penting dalam sebuah organisasi. Pengoptimalan jumlah karyawan pada suatu unit organisasi sangat penting karena perusahaan dapat mengetahui hasil pencapaian target yang telah dijalankan dan mengetahui penggunaan sumber daya apakah sudah efektif dan efisien atau tidak. Sehingga perlu diadakannya pengoptimalan jumlah karyawan sesuai dengan beban kerjanya melalui analisis beban kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi beban kerja karyawan pada bagian Produksi berdasarkan perhitungan beban kerja tiap jabatan dan membuat program aplikasi perhitungan beban kerja. Metode yang digunakan untuk perhitungan beban kerja adalah Full Time Equivalent (FTE) dan p eranacangan aplikasi dilakukan dengan bahasa pemrograman Java. Hasil perhitungan FTE dengan menggunakan Java diperoleh jabatan Supervisor, Operator Milling, Operator Grinding, Operator Skrap, Operator Stik, Operator Bor, Operator Fitter, Operator Cutting, dan Operator Welding berada pada kategori Fit. Sedangkan jabatan Staff Produksi, Operator Bubut, dan Operator Drilling berada pada kategori Overload. Program aplikasi perhitungan beban kerja menggunakan Java memberikan kemudahan dalam menentukan jumlah kar yawan optimal. Jumlah karyawan optimal berdasarkan perhitungan FTE untuk bagian Produksi pada PT XYZ adalah sebanyak 41 orang.


Keywords


Beban kerja; FTE; Aplikasi; Java

Full Text:

PDF

References


Arsi, R.M. dan Partiwi, S.G. 2012. Analisis Beban Kerja untuk Menentukan Jumlah Optimal Karyawan dan Pemetaan Kompetensi Karyawan Berdasar Pada Job Description (Studi Kasus: Jurusan Teknik Industri, ITS, Surabaya). Jurnal Teknik ITS

Vol. 1, No. 1(Sept. 2012) ISSN: 2301-9271.

Dewi, U. dan Satrya, A. 2012. Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja Berdasarkan Beban Kerja Karyawan Pada PT PLN

(Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Bidang Sumber Daya Manusia dan Organisasi. Jurusan Manajemen SDM Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Depok.

Fauzi, D.R.A.P. 2016. Optimalisasi jumlah karyawan melal ui analisis beban kerja menggunakan visual basic dan pemetaan kompetensi karyawan berdasarkan job description. (Skripsi). Banten: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Madiun, W.S. 2017. Analisis Beban Kerja Karyawan Bagian Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Time Equivalent (FTE) Di Ud Roti Alvine. Arika, Vol. 11 No. 2 ISSN: 1978- 1105.

Muryani, S. dkk. 2016. Pengaruh Pengalaman Kerja, Pengawasan Kerja Dan Spesialisasi Kerja Terhadap Pemahaman Beban Kerja Dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Va riabel Intervening (Studi Kasus Di Dinas Pasar Kota Semarang. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unpand Semarang.

Pujangkoro, S.A. 2004. Analisis Jabatan (Job Analysis). Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara

Samsu ni. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Al Falah, Vol XVII No. 31 Tahun 2017.

Wijaya, H.R dan Adi, Prayonne. 2017. Pengukuran Beban Kerja Pada Departemen PPIC di PT. X. Jurnal Titra, Vol. 5, No. 2, Juli 2017.

Wijaya, I.W.G.S. 2012. Penerapan web service pada aplikasi sistem akademik pada platform sistem operasi mobile android. Teknik Informatika Stikom PGRI Banyuwangi Bidang Pendidikan dan Pelatihan (Studi Kasus Di PT. XYZ). ( Skripsi). Cilegon: Jurusan Teknik Industri, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Rosalina, I. ( 2016) . Usulan Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Metode SMART System. (Skripsi) . Cilegon: Jurusan Teknik Industri, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Saaty, T. L. ( 1994) . Fundamentals of Decision

Making And Priority Theory With The Analytica l Hierarchy Process. First Edition. USA. RWS Publications.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No.5 Tahun 2014 Tentang Baku Mutu Air Limbah Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 101 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v5i1.6496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by