Relayout workshop produksi dengan menggunakan metode Craft

Kulsum Kulsum, D Tola

Abstract


PT. x menginginkan re layout atau perbaikan tata l etak pada tiap departemen baik
mesin- mesin produksi atau fasilitas- fasilitas yang yang ada, hal ini terkait jarak perpindahan bahan yang akan diproduksi dan dikemas untuk dikir i mkan, dan mengurangi jarak antar mesin atau ruang yang terlalu jauh sehingga memerlukan keefektifan pada proses produksi. Oleh karena itu, perlu adanya alternatif pemecaha n masalah yang terjadi di perusahaan khususnya dibagian Workshop perencanaan produksi ini, yaitu dengan merancang ulang tata letak gudang yang lebih efektif. Alternatif yang bisa digunakan untuk re lay out gudang yaitu dengan metode CRAFT. Jarak material handling pada layout existing adalah 47001,2 m2. Hasil usulan dengan menggunakan metode CRAFT memberikan pengurangan ususlan dengan hasil sebesar 45934.26 m2. Setelah dengan menggunakan metode CRAFT didapatkan total jarak material handling berkurang sebesar 72 meter.


Keywords


CRAFT; ARC; material handling

Full Text:

PDF

References


Apple, James M. 1990. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan Edisi Ketiga. Bandung: Penerbit ITB

Rosyidi,Moh Riri.2018. Analisa Tata Letak Fasilitas Produksi Dengan Metode ARC, ARD, dan AAD di PT XYZ

Safitri,Nadiadini.2017. Analisis Perancangan Tataletak Fasilitas Produksi Menggunakan Metode Activity Relationship Chart (ARC)

Annisyah, Eka Mariska. 2010. “Perancangan dan Perencanaan Fasilitas” , (online ), (http://digilib.ittelkom.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=669:fasilitas&catid=25:industri&Itemid=14, diakses 15 Januari 2019).

Wignjosoebroto,Sritomo.2003. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan Edisi Ketiga. Surabaya: Penerbit Guna Widya

Pradana, Eko.2014. Analisis Tata Letak Fasilitas Proyek Menggunakan Activity Relationship Chart dan Multi- Objectives Function pada Proyek Pembangunan Apartemen De Papilio Surabaya




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v5i1.6507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by