Pengendalian kualitas produk compound AT-807 di plant mixing center dengan metode six sigma pada perusahaan ban di Jawa Barat

Sri Lestari, Mochamad Hasan Junaidy

Abstract


Kualitas adalah target utama dalam pembuatan suatu produk. kualitas produk yang dihasilkan adalah cerminan keberhasilan perusahaan dimata konsumen. Pengendalian kualitas perlu dilakukan dikarenakan kualitas memiliki tujuan untuk menjaga, mengarahkan, mempertahankan, dan meningkatkan kualitas produk agar tetap sesuai dengan standart yang telah ditetapkan. Perusahaan ban di jawa barat sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi berbagai jenis ban kendaraan bermotor, mobil, maupun bus dan truck di Indonesia. yang dihasilkan disebarkan ke banyak daerah di Indonesia maupun di Mancanegara. yang berada di Tangerang- Banten. Metode peningkatan kualitas salah satunya adalah Six Sigma . Six Sigma memiliki fokus pada mengurangi tingkat cacat, dengan mencapai standar 3,4 cacat perjuta peluang, Six Sigma memiliki 5 fase, Define, Measure, Analyze, Improvement dan Control (DMAIC). Pada penelitian ini, Si x Sigma di terapkan di bagian plant mixing center yang memproduksi compound AT- 807, dengan tujuan untuk menganalisis pengendalian kualitas dan meningkatkan kualitas dengan cara mengatasi dan mengurangi banyaknya cacat yang timbul sehingga diharapkan adanya perbaikan pada produk yang dihasilkan. P erubahan yang sangat jelas terjadi dari sebelum perbaikan dan sesudah perbaikan yang dapat peneliti rasakan dengan adanya perbaikan ini perusahaan dapat menghemat pengeluaran reject compound yang sebelumnya perusahaan dapat rugi dengan kisaran nominal uang sebesar 6,6 Milyar dan dengan adanya perubahan perbaikan ini perusahaan dapat mengehamat biaya reject dengan sebesar 4,9 Milyar menjadi 1,7 Milyar, dan adanya perubahan perbaikan ini jumlah reject berkurang, dari yang rata- rata reject sebanyak 1910 batch dapat ditekan menjadi 481 batch.


Keywords


Kualitas; Pengendalian Kualitas; Six Sigma; Quality Improvement; 5W+1H

Full Text:

PDF

References


Aziza, Nurul; Afandi, Muhammad;. (2018, Juni). Analisis Defect Dan Kualitas Produk Writing And Printing Paper Dengan Six Sigma. Engineering and Sains, II(1), 73 - 78.

Bos, Aat Van den; Kemper, Benjamin; Waal, Vincent De;. (2014). A Study On How To Improve The Through Out Time Of Lean Six Sigma Projects In A Construction Company. International Journal of Lean Six Sigma, V(2), 212- 226.

Dambhare, Sunil; Aphale, Siddhant; Kakade, Kiran; Thote, Tejas; Borade, Atul;. (2013). Productivity Improvement of a Special Purpose Machine Using DMAIC Principles: A Case Study. Journal of Quality and Reliability Engineering , 1- 13.

Dewi, Shanti Kusuma;. (2012, Februari). Minimasi Defect Produk Dengan Konsep Six Sigma. Jurnal Teknik Industri, XIII(1), 43 - 50.

Ekoanindiyo, Firman Ardiansyah . (2014, Januari). Pengendalian Cacat Produk Dengan Pendekatan Six Sigma. Jurnal Dinamika Teknik, VIII (1), 35 – 43.

Harahap, Bonar; Parinduri , Luthfi; Fitria, An Ama Lailan;. (2018, Mei). Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Six Sigma PT. Growth Sumatra Industry.

Buletin Utama Teknik, XIII(3), 211- 219. Hendi Tanna di. (2015). Pengendalian Kualitas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Irwan, & Haryono, D. (2015). Pengendalian Kualitas Statistik. Bandung: Alfabeta Cv.

Napitupulu, Monica Elisa; Hati, Shinta Wahyu;. (2018, Maret). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Garment Pada Project In Line Inspector Dengan Metode Six Sigma Di Bagian Sewing Produksi Pada PT Bintan Bersatu Apparel Batam. Journal of Applied Business Administration, II (1), 29 -45.

Prabu, K., Makesh, J., Raj, K. N., & Devadasan, S. (2013). Six Sigma Implementation Through DMAIC: A Case Study. Int. J. Process Management and Benchmarking, III(3), 386 - 400.

S. Arun Vijay. (2014, Februari 25). Reducing And Optimizing The Cycle Time Of Patients Discharge Process In A Hospital Using Six Sigma Dmaic Approach. International Journal for Quality Research, VIII(2), 169-182.

Sin, Tan Chan; Usubamatov, Ryspek; Amin Hamzas, Mohd Fidzwan B.Md.; Wai, Low Kin; Yao, Teh Keat; Bahari, Muhammad Syahril;. (2014). Parameters Investigation of Mathematical Model of Productivity for Automated Line with Availability

Aziza, Nurul; Afandi, Muhammad;. (2018, Juni). Analisis Defect Dan Kualitas Produk Writing And Printing Paper Dengan Six Sigma. Engineering and Sains, II(1), 73 - 78.

Tenny, Baguna; Tamengkel, Lucky F.; Mukuan, Danny D. S.;. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Mutu Produk Sebelum Eksport Dengan Mengunakan Metode Six Sigma Pada PT. Nichindo Manado Suisan. Jurnal Administrasi Bisnis, VI (4), 28 - 35.

Vitho, Ivan; Ginting, Elisabeth; , Anizar;. (2013, November). Aplikasi Six Sigma Untuk Menganalisis Faktor Faktor Penyebab Kecacatan Produk Crumb Rubber SIR 20 Pada PT. XYZ. e - Jurnal Teknik Industri FT USU, III(4), 23 - 28.

Widodo, T., & P, H. (2015, September). Analisa Pengendalian Kualitas Resin ABC Menggunakan Six Sigma Di PT. Pardic Jaya Chemicals. Teknik, Vol.4, No. 2.

Wisnu Broto, Pertrus; Rukmana, Arya;. (2015, Juni). Pengendalian Kualitas Produk Dengan Pendekatan Six Sigma Dan Analisis Kaizen Serta New Seven Tools Sebagai Usaha Pengurangan Kecacatan Produk. Jurnal Teknologi, XXXIII(1), 65 - 74.

Yunitasari, Elly Wuryaningtyas; Nurhayati, Emmy;. ( 2017 , Agustus). Pendekatan Lean Six Sigma Dan Taguchi Untuk Mengatasi Masalah Pengemasan Dan Pemasaran Produk Wedang Uwuh Instan Sruput. Jurnal Science Tech, III (2), 127- 136.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v5i1.6510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  is supported by