PELAKSANAAN PROGRAM PERPUSTAKAAN DAERAH DALAM MENUNJANG MINAT BACA ANAK USIA DINI PANDEGLANG – BANTEN

Dilla Nurkholifah, Ratih Kusumawardani, Kristiana Maryani

Abstract


               Reading interest in children must be applied from an early age, the implementation of the regional library program is effective in helping children to foster a desire for children to come to the library, the desire for children to open books, and the desire for children to read books. This study aims to determine what kind of implementation of a mobile library program in supporting early childhood reading interest in the regional library of Pandeglang Regency, Banten, with a total of 3 programs. Data collection procedures were carried out by means of observation, interviews, and documentation. Data analysis using data reduction, data presentation, and drawing conclusions. From the research results, it was found that the implementation of the regional library program in supporting children's reading interest has been carried out well, because the program that has been running has been right on target, namely PAUD Kindergarten children in Pandeglang district and the program is appropriate, because in this program children are already doing activities that encourage children's desire to read.

Keywords


Regional Library Program, Early Childhood Reading Interest

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anwar S, Maskur S, J. M. Manajemen Perpustakaan. Riau: PT. Indragiri Dot Com

Basuki, S.1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Darmono.2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo.

Darmono. 2007. Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Jakarta: Grasindo.

Djaali. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Darmadi. 2018. Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Sejak Dini. Bogor: Guepedia.

Evan T. Ortlieb. 2010. Sparking Children’s Interest in Reading. International Journal of Education. Vol. 2,(2)

Fahmi, dkk.2018. Permasalahan Anak Usia Dini. Serang: Laksita Indonesia.

FIP-UPI.2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama.

Gumono.2014. “Profil Kemampuan Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar di Provinsi Bengkulu.Lentera Pendidikan.Vol. 17 (2).

Harnowo.2003. Quantum Reading: Cara Cepat nan Bermanfaat untuk merangsang munculnya potensi membaca. Bandung: Mizan Learning Center.

KBBI. 2005. Pusat Bahasa DEPDIKNAS. Jakarta.

Mahmud.2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Maulida, H. N. 2015. ‘’Peran Perpustakaan Daerah dalam Pengembangan Minat Baca di Masyarakat.” Journal Iqra. Vol. 09 (02)

Moleong, L. J.2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Munawar S, Ivan M, D. S.2019.Rumah Baca Kita. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Pane S, Zamzam M, M. D. F. 2020. Membangun Aplikasi Peminjaman Jurnal Menggunakan Aplikasi Oracle Apex Online. Bandung: Kreatif Industri Wawancara

Prasasti, W. D.2008. Psikologi Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Prasetyono, D. S.2008.Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Jogjakarta: Think.

Putra, R. M. S. 2011. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: PT Indeks.

Rakib R, Nolly S, L. D. 2017. “Kajian Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Keliling Sebagai Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat di Kelurahan Tinoor 1 Kecamatan Tomohon Utara Kota Tomohon. e-journal. Vol. VI (2).

Santi, D.2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Seno, T. 2013. Pengaruh Layanan Perpustakaan Keliling Terhadap Kemampuan Literasi Informasi Wanita Tuna Susila di Lokalisasi Gambilangu Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Vol. 2 (4).

Sardiman.2007. Minat Belajar. Jakarta: Kencana.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, A.2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Supriyanto. 2006. Aksentuasi perpustakaan dan pustakawan. Jakarta: Ikatan Pustakawan Indonesia, Pengurus Daerah DKI Jakarta.

Supriyanto S, Muhsin A.2008. Teknologi Inormasi Perpustakaan. Yogyakarta: Kanisius.

Tan, T.2017. Teaching is an art. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Trimo, S. 1992. Pedoman Pelaksanaan Perpustakaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

UU RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Indonesia.

UU RI Nomor 43 Tahun 2007. Tentang Perpustakaan.

Yusup, Subekti Priyo. 2010. Teori dan Praktik Penelusuran Inormasi. Jakarta: Kencana 2010.

Yusuf, Taslimah., 1996. Manajemen perpustakaan umum. Jakarta: Universitas Terbuka

Zeithmal, Valerie A., A. Parasuraman dan Leonard L. Berry, 1990. Delivering quality service, balancing customer perceptions and expectation. New York: The Free Press




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v8i1.11564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  [email protected]