Peran Literasi Digital dalam Peningkatan Kualitas Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia

Sri Elly Yunara

Abstract


Abstrak Inggris

Teachers are creators of learning in the educational process. The quality of PAUD teachers in Indonesia when it was still low was indicated by the low teacher UKG results. Based on the UKG results, PAUD teachers in Indonesia are not in accordance with teacher competency standards, both educational qualifications, pedagogical, professional, personal and social competencies. Efforts to improve the quality of teachers should be pursued immediately. The digital literacy movement in education will accelerate the transformation of digital society. By maximizing digital literacy through the use of today's abundant digital technology, PAUD teachers will be able to adapt to the developments and demands of the industrial era 4.0. PAUD teachers will have competence according to standards to carry out their professional duties to prepare the future of their students as a valuable investment in building superior Indonesian human resources.

The abundant availability of digital technology makes it easier for teachers to improve the quality of competence through the use of various digital platforms that can be accessed by anyone, anytime throughout Indonesia. So that the acceleration of quality improvement and equity in the quality of PAUD teachers can be realized immediately.

Keyword : Digital literacy, quality improvement, PAUD teachers..

 

Abstrak Indonesia

Guru merupakan kreator pembelajaran proses pendidikan. Kualitas guru PAUD di Indonesia saat masih rendah ditunjukkan dengan hasil UKG guru yang rendah. Berdasar hasil UKG guru PAUD di Indonesia belum sesuai dengan standar kompetensi guru baik kualifikasi pendidikan, kompetensi pedagogis, profesional, pribadi dan sosial. Upaya peningkatan kualitas guru harus segera diupayakan. Gerakan literasi digital di bidang pendidikan akan mempercepat transformasi masyarakat digital. Dengan memaksimalkan literasi digital melalui pemanfaatan teknologi digital yang melimpah saat ini, guru PAUD akan sanggup beradaptasi dengan perkembangan dan tuntutan era industri 4.0. Guru PAUD akan memiliki kompetensi sesuai standar untuk melaksanakan tugas profesionalnya  menyiapkan masa depan anak didik sebagai investasi berharga membangun sumber daya manusia Indonesia yang unggul.

Ketersediaan teknologi digital yang melimpah mempermudah guru meningkatkan kualitas kompetensi melalui pemanfaatan berbagai platform digital yang dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga percepatan peningkatan mutu dan pemerataan mutu guru PAUD dapat segera terwujud.

Kata Kunci: Literasi digital, peningkatan kualitas, guru PAUD.


Keywords


Literasi digital, peningkatan kualitas, guru PAUD.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Christianti, Martha. 2012. Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1, Juni 2012 hal hal 112-122. https://eprints.uny.ac.id/15076/8/9.BAB%20I.pdf

Darmayanti, Rita. Hoesny. Ulfah, Mariana. 2021. Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 11 No. 2, halaman 123-132.

Deswita 2019. Problematika Guru PAUD. Studi Kasus Di Taman Kanak-kanak Rizani Putra Mendalo Indah Kabupaten Muaro Jambi.

Diklat Berjenjang Tingkat Dasar. 2020. https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-paud-diklat-berjenjang-dasar

Gantina, Dea Nurdiana. 2016. Persepsi Pemangku Kepentingan Terhadap Profesionalitas Guru PAUD. Repository.upi.edu. Perpustakaan.upi.edu, halaman 1-7.

Kemdikbud. 19 Oktober 2021. Adaptasi Teknologi bagi Sektor Pendidikan dalam Menjawab Tantangan Masa Depan. Diakses pada tanggal 30 Oktober 2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/02/

Kemdikbud. 21 Februari 2020. Kemendikbud Lakukan Penyesuaian Model Kompetensi Guru Sesuai Perkembangan Zaman. Diakses pada tanggal 30 Oktober 2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/02/

Kemdikbud. 21 februari 2021. Strategi Pengembangan Kompetensi Guru Secara Mandiri Di Era Literasi Digital. Dirjend PAUD Dikdas dan Dikmen Kemenristek Dikti Diakses pada tanggal 30 Oktober 2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/02/

Kemdikbud. 8 Oktober 2020. Peringatan Hari Guru Sedunia: Kepemimpinan Guru, Komponen Utama dalam Inovasi di Dunia Pendidikan. Diakses pada tanggal 30 Oktober 2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/02/

Kompas.com. 2021. Literasi Digital Pengertian, Prinsip, Manfaat, Tantangan dan Contoh. https://www.kompas.com/skola/read/2021/06/15/142539669/

Kualitas Guru Pengaruhi Kualitas Pendidikan di Indonesia. 2021. Diakses pada tanggal 30 Oktober 2021. Kastara.id. https://kastara.id/09/06/2021/

Leonard. 2015. Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia : Analisis Dampak rendahnhya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya. , 5(3): 192-201, ISSN: 2088-351X.

Maura, Aisyah. 2018. Fakta Kualitas Guru di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui. Ruang Guru. Diakses pada tanggal 30 Oktober 2021. https://www.ruangguru.com

Mengenal Apa itu Era Revolusi Industri 4.0 : Dampak, dan Mengatasinya. 2020. Diakses pada tanggal 30 Oktober 2021 dari Id. Cloudhost. https://idcloudhost.com/blog/page/7/

Nurjanah,Ervina, Rusmanto, Agus. & Yanto, Andri. 2017. Hubungan Literasi Digital dengan Kualitas Penggunaan E-Resources. Lentera Pustaka, 3 (2), 117-140. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka 117.

PPPPTK TK-PLB Kememntrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi. https://p4tktkplb.kemdikbud.go.id/

Undang-undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005.

Undang-undang Sistem Pendidikan nasional No 20 Tahun 2003.

Utami, Sri. 2019. Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia Melalui Peningkatan Kalitas Personal, Profesional, Dan Strategi Rekrutmen Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 2, No.1, 2019, hal. 518-52. p-ISSN 2620-9047, e-ISSN 2620-9071.

Wardhana, Wisnu Surya. 2020. Strategi Pengembangan Kompetensi Guru Secara Mandiri Di Era Literasi Digital. Senasbasa, (4), hal 425-431. http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA, (E-ISSN 2599-0519).

Triharso, A. (2013).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v9i1.13480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  [email protected]