PENGARUH OUTDOOR ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KHALIFAH KECAMATAN KOTO XI TARUSAN PESISIR SELATAN

Anggia Putri Wanti

Abstract


Abstract

Social development includes the learning process to adapt to group rules, morals, and traditions, merge into a single unit and communicate with each other, have empathy, sympathy, discipline and work together. In early childhood, social behaviors that need to be directed towards good social development are cooperation, mutual help, sharing, sympathy, empathy and mutual need for one another. The purpose of this study was to determine whether outdoor activity has an effect on improving children's social development. The type of research used in this research is quantitative with experimental methods, in the form of quasi-experiments. The sample in this study is class B2. with the consideration that class B2 is considered to have the same characteristics in the background of this research problem. So it can be concluded that outdoor activity has an influence on the social development of children in the Khalifah Kindergarten, Kec. Koto XI Tarusan.

Keyword: outdoor activity, social development, early childhood

 

Abstrak

Perkembangan sosial meliputi proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap aturan – aturan kelompok, moral, dan tradisi, meleburkan diri menjadi satu kesatuan dan saling berkomunikasi, memiliki rasa empati, simpati, disiplin dan bekerja sama. Pada anak usia dini perilaku sosial yang yang perlu diarahkan untuk pengembangan sosial yang baik adalah seperti kerja sama, tolong menolong, berbagi, simpati, empati dan saling membutuhkan satu sama lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Outdoor Activity berpengaruh dalam meningkatkan perkembangan sosial anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, dalam bentuk eksperimen semu (quasi exsperiment). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas B2. dengan pertimbangan kelas B2 dianggap mempunyai karakteristik yang sama pada latar belakang masalah penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa outdoor Activity ada pengaruhnya terhadap perkembangan sosial anak di TK Khalifah Kec. Koto XI Tarusan.

Kata Kunci: outdoor activity, perkembangan sosial, anak usia dini


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v10i1.15458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  [email protected]