MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN BELAJAR HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE BERNYANYI DI TK AL-HARBI
Abstract
Membaca merupakan keterampilan fundamental yg harus dikuasai anak semenjak dini. salah satu cara untuk membantu anak berbagi keterampilan membaca artinya menggunakan memperkenalkan alfabet hijaiyah. huruf hijaiyah ialah dasar penulisan bahasa Arab yang juga dipergunakan dalam bahasa Indonesia terutama untuk kata-kata yang berasal asal bahasa Arab. oleh sebab itu, penting bagi anak buat menyelidiki alfabet hijaiyah supaya membantu mereka pada membaca. Pilih lagu anak-anak yg familiar serta mempunyai irama yang menarik. Lagu-lagu tradisional seperti Ambil Bulan Bu serta Naik-Naik ke puncak Gunung umumnya efektif buat aktifitas ini. Fokuskan satu atau 2 huruf hijaiyah dalam satu lagu. contohnya lagu Ambil Bulan Bu bisa difokuskan buat huruf ب (ba) dan ل (lam).Sertakan kartu alfabet hijaiyah ketika bernyanyi. Anak-anak diminta menunjuk kartu alfabet yg sedang dinyanyikan. gunakan gerakan tangan atau anggota badan lainnya waktu menyanyikan lagu untuk mendeskripsikan bentuk huruf sasaran. Penggunaan gerakan dan kartu huruf hijaiyah mendukung pembelajaran huruf hijaiyah melalui lagu. Anak lebih mudah memahami bentuk huruf melalui gerakan dan dapat mengasosiasikannya dengan bunyi huruf saat bernyanyi. Kartu huruf juga membantu anak berinteraksi dengan materi. Metode bernyanyi dapat menjadi teknik yang efektif serta menyenangkan buat membantu anak belajar alfabet hijaiyah.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Firdaus Firda,” Pintar dan Lancar Membaca Huruf Hijaiyah,” Cikal Aksara
Madyawati Lilis,”Strategi Bernyanyi pada Anak,” Prenadamedia Group Jakarta 2015
Aziz Safrudin, “Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini,” :Kalimedia, Yogyakarta 2017
Artikel, “Kartu pintar huruf hijaiyyah,”( Jakarta: Gramedia, Pustaka Oasis Kids)
Fadillah Muhammad,”Desain Pembelajaran PAUD, “ Ar-Ruzz Media Jogjakarta , 2012
Majid Abdul , “Strategi pembelajaran,” PT Remaja Rosdakarya Bandung 2015
Maulidiyah Eka Cahya, “Anak Usia Dini,”: Remaja Rosdakarya, Bandung 2014
Dewi Maya “ Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah,” 2017
Khalilurrahman El Mahfani, “Belajar Cepat Ilmu Tajwid,” Wahyu Qolbu Jakarta 2014
Matondang Marsaulina Elisabeth, “Menumbuhkan Minat Belajar Anak Dini Melalui Musik”
Risaldy Sabil,”Bermain, Bercerita Dan Bernyanyi Bagi Anak Usia Dini,” Jakarta.
Luxima Metro Media, 2015
Abdurahman BnJuaeni Ahmad, satu, Setengah jam lancar membaca Al qur’an,
Jakarta
Artikel, “Kartu pintar huruf hijaiyyah,”( Jakarta: Gramedia, Pustaka Oasis Kids)
Darmadi, “Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa,” 2017
Fadillah Muhammad ,”Desain Pembelajaran PAUD, “ Ar-Ruzz Media Jogjakarta , 2012
Ramli, Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Depdiknas, 2005
Setianingsih Hesti Putri “ Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Tilawati,”
Sarah Putri,” Upaya Meningkatkan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Kartu Bergambar,”
Mulyana,” Media Pengenalan Huruf Hijaiyah Dengan Output Dan Tanda Baca,”
https://eprint.uny.ac.id>
Diana Fera,”Penerapan Metode Bernyanyi Dengan Menggunakan Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak http://repository.unib.ac.id>
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v11i2.22848
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.
Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)
FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia
Phone: 081514821060/087777133556
Email: [email protected]