MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN BELAJAR HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE BERNYANYI DI TK AL-HARBI

Nurjannah Nurjannah, Syahrul Rahmansyah

Abstract


Membaca merupakan keterampilan fundamental yg harus dikuasai anak semenjak dini. salah satu cara untuk membantu anak berbagi keterampilan membaca artinya menggunakan memperkenalkan alfabet hijaiyah. huruf hijaiyah ialah dasar penulisan bahasa Arab yang juga dipergunakan dalam bahasa Indonesia terutama untuk kata-kata yang berasal asal bahasa Arab. oleh sebab itu, penting bagi anak buat menyelidiki alfabet hijaiyah supaya membantu mereka pada membaca. Pilih lagu anak-anak yg familiar serta mempunyai irama yang menarik. Lagu-lagu tradisional seperti Ambil Bulan Bu serta Naik-Naik ke puncak Gunung umumnya efektif buat aktifitas ini. Fokuskan satu atau 2 huruf hijaiyah dalam satu lagu. contohnya lagu Ambil Bulan Bu bisa difokuskan buat huruf ب (ba) dan ل (lam).Sertakan kartu alfabet hijaiyah ketika bernyanyi. Anak-anak diminta menunjuk kartu alfabet yg sedang dinyanyikan. gunakan gerakan tangan atau anggota badan lainnya waktu menyanyikan lagu untuk mendeskripsikan bentuk huruf sasaran. Penggunaan gerakan dan kartu huruf hijaiyah mendukung pembelajaran huruf hijaiyah melalui lagu. Anak lebih mudah memahami bentuk huruf melalui gerakan dan dapat mengasosiasikannya dengan bunyi huruf saat bernyanyi. Kartu huruf juga membantu anak berinteraksi dengan materi. Metode bernyanyi dapat menjadi teknik yang efektif serta menyenangkan buat membantu anak belajar alfabet hijaiyah.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Firdaus Firda,” Pintar dan Lancar Membaca Huruf Hijaiyah,” Cikal Aksara

Madyawati Lilis,”Strategi Bernyanyi pada Anak,” Prenadamedia Group Jakarta 2015

Aziz Safrudin, “Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini,” :Kalimedia, Yogyakarta 2017

Artikel, “Kartu pintar huruf hijaiyyah,”( Jakarta: Gramedia, Pustaka Oasis Kids)

Fadillah Muhammad,”Desain Pembelajaran PAUD, “ Ar-Ruzz Media Jogjakarta , 2012

Majid Abdul , “Strategi pembelajaran,” PT Remaja Rosdakarya Bandung 2015

Maulidiyah Eka Cahya, “Anak Usia Dini,”: Remaja Rosdakarya, Bandung 2014

Dewi Maya “ Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah,” 2017

Khalilurrahman El Mahfani, “Belajar Cepat Ilmu Tajwid,” Wahyu Qolbu Jakarta 2014

Matondang Marsaulina Elisabeth, “Menumbuhkan Minat Belajar Anak Dini Melalui Musik”

Risaldy Sabil,”Bermain, Bercerita Dan Bernyanyi Bagi Anak Usia Dini,” Jakarta.

Luxima Metro Media, 2015

Abdurahman BnJuaeni Ahmad, satu, Setengah jam lancar membaca Al qur’an,

Jakarta

Artikel, “Kartu pintar huruf hijaiyyah,”( Jakarta: Gramedia, Pustaka Oasis Kids)

Darmadi, “Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa,” 2017

Fadillah Muhammad ,”Desain Pembelajaran PAUD, “ Ar-Ruzz Media Jogjakarta , 2012

Ramli, Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Depdiknas, 2005

Setianingsih Hesti Putri “ Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Tilawati,”

Sarah Putri,” Upaya Meningkatkan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Kartu Bergambar,”

Mulyana,” Media Pengenalan Huruf Hijaiyah Dengan Output Dan Tanda Baca,”

https://eprint.uny.ac.id>

Diana Fera,”Penerapan Metode Bernyanyi Dengan Menggunakan Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak http://repository.unib.ac.id>




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v11i2.22848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  [email protected]